North Expedition – the Highlands of Scotland!

Salah satu wish list gue yang masih belum gue beri tanda centang di sampingnya adalah menjelajah danau di Scotland utara yang terkenal dengan legenda binatang Nessie-nya. Akhirnya gue berhasil kesana bareng temen-temen deket gue sekalian acara farewell gue yang bentar lagi bakal pulang ke Indonesia.

Pemandangan khas Scotland (courtesy by Mas Nanda)

Pemandangan khas Scotland (courtesy by Mas Nanda)

Karena Loch Ness agak susah dicapai dengan transportasi umum, akhirnya gue dan ber-8 temen lainnya memutuskan untuk ikut tour agent yang namanya Discover Scotland Tours yang berangkat dari Glasgow – dan keputusan ini sangat tepat. Dengan membayar £37 untuk student, kita dianter menyusuri Highlands tepatnya ke Loch Ness, Glencoe, Fort William, dan Inverness! Selain itu, rute yang diambil oleh si tour agent ini sengaja untuk melewati berbagai macam tempat yang seru. Oke, gue bakal cerita sesuai kemampuan ingatan gue.

1. Drovers Inn

Orang Scotland cukup terkenal sebagai orang yang percaya dengan hantu, penampakan, dan hal-hal mistis lainnya. Di dalam mobil tour, Made sempet nanya ke supirnya kenapa orang Scotland begitu percaya dengan haunted place atau spiritual thingy semacam itu. Dengan gaya slengekan, supir kita cuma jawab sambil terkekeh ‘because there are a lot of England people come here and we kill them‘. Oke deh pak..

Drovers Inn adalah penginapan dan restoran yang sudah tua bangka banget umurnya dan dipercaya sering muncul hantu berkeliaran di dalam penginapannya, terutama di depan perapian. Yang bikin gue bingung adalah, ada juga ya orang yang saking penasarannya sampe pengen nginep di tempat reot berhantu disana.

Drovers inn (courtesy by Hugo)

Drovers inn (courtesy by Hugo)

Walau udah dibikin cafe, tetep aja suasananya spooky

Walau udah dibikin cafe, tetep aja suasananya spooky

2.Glencoe

Udah nonton film Skyfall? Di scene terakhir, James Bond pergi menuju tempat bernama Glencoe yang berupa bukit-bukit tinggi.

Salah satu scene Skyfall di Glencoe (courtesy by Made)

Salah satu scene Skyfall di Glencoe (courtesy by Made)

3. Fort William

Udah pernah nonton Harry Potter ke-2? Di awal scene, Harry dan Ron nggak bisa nembus platform 9 3/4 sehingga harus naik mobil untuk menuju Hogwards. Di saat naik mobil terbang, ada saat dimana mereka berdua hampir tertabrak kereta dari belakang di suatu viaduct yang super keren pemandangannya. Itulah Fort William.

Sayangnya gue nggak sempet foto pas lewat Fort William, lagipula viaductnya kurang terpampang nyata dari jendela mobil. Jadi terpaksa gue unduh gambar ini dari website untuk sekedar gambaran aja.

Scene Harry Potter dimana Harry dan Ron naik mobil terbang (courtesy by www.bunray.co.uk)

Scene Harry Potter dimana Harry dan Ron naik mobil terbang (courtesy by http://www.bunroy.co.uk)

4. Loch Ness

Akhirnya, tiba juga di Loch Ness! Disini pemandangannya benar-benar seperti lukisan. Literally the God’s painting. Ada Urquhart Castle yang merupakan runtuhan-runtuhan kastil jaman dulu. Disini, kami diberi waktu untuk naik kapal menyebrangi danau Loch Ness.

Loch Ness (courtesy by Hugo)

Loch Ness (courtesy by Hugo)

5. Pitlochry

Pitlochry adalah salah satu kota kecil yang terletak di Scotland. Disini kami cuma turun sebentar untuk jajan sebentar sambil menyusuri jalanan yang sepi. Di kota ini, sinyal O2 gw lambat laun meningkat lagi (soalnya selama di daerah Highland sinyal gue SOS dan nggak bisa nge-path sama sekali hiks).

Salah satu sudut kota Pitlochry (courtesy by Hugo)

Salah satu sudut kota Pitlochry (courtesy by Hugo)

Setelah itu, kami kembali lagi ke tempat menginap yaitu di Glasgow. Gue baru tau bahwa George Square, salah satu daerah di city centre Glasgow, merupakan salah satu scene dalam film Brad Pitt yang berjudul World War Z, tepatnya di bagian awal saat Brad Pitt dan keluarganya naik mobil dan mulai terjadi serangan-serangan zombie.

Selain daerah-daerah yang gue sebutkan di atas, kami juga melewati tempat-tempat seperti Inverness, Dundee, dan sebagainya walaupun nggak turun. Supir tour agent kami sengaja menuju Glasgow dengan rute yang lebih panjang supaya kami pernah melewati kota-kota lain yang ada di Scotland.

Gue sangat puassss dengan perjalanan ke Scotland kali ini! Selain karena gue pergi dengan temen-temen terdekat gue dan ke tempat idaman, gue juga berterimakasih banget sama mereka yang udah dateng di acara farewell gue di salah satu cafe Glasgow yang bernama Barolo Grill. Recommended banget karena taste-nya bener-bener nggak mengecewakan. Dengan £17, kita bisa makan 3 courses masakan Italia dan Prancis.

Lasagna

Lasagna

Pasta lupa namanyaaa

Pasta lupa namanyaaa

Creme Brulee

Creme Brulee

Lupa namanya, pokoknya tiga jenis coklat yang super enak dan bikin gembrotss

Lupa namanya, pokoknya tiga jenis coklat yang super enak dan bikin gembrotss

Goodbye Scotland, hello England!😀

-deguitarra-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s