Czech atau Ceko adalah salah satu negara di Eropa yang wajib gue datengin. Kenapa? Gue pertama kali tau kalo negara ini keren adalah pas jaman SMP gue baca novel ‘Love in Prague’ karangan Riheam. Novel itu sebenernya ceritanya mainstream tentang kisah cinta-cintaan anak muda gitu, tapi bedanya ini di Praha (ibukota Ceko) dan penulisnya bener-bener pinter ngejelasin suasana Praha. Apalagi dulu jaman SMP gue lagi labil-labilnya ngefans Linkin Park dan waktu itu ada video klipnya Linkin Park (yang judulnya Numb) shooting di Praha. Oke fix gue harus kesana someday! Dan akhirnya mimpi gue sejak SMP terkabul sekarang.

Kejadian awal begitu sampai di Praha adalah : salah turun station. Waktu itu hari udah malem, salah turun di station yang kecil dan sepi. Mana kita semua baru tau kalau Prague mata uangnya bukan Euro melainkan Crown (CZK). Bahasanya juga lain dan kebanyakan mereka nggak bisa bahasa inggris. Susah banget cari orang yang bisa ditanyain! Akhirnya setelah nuker uang di money changer yang ada di station kecil itu, kita naik MRT ke station yang sebenernya yaitu Praha Hlavni Nadrazi. Dari situ, tinggal jalan ke hostel berdasarkan googlemaps Avie.

Welcome to Prague
Welcome to Prague

Sesampai di hostel, buset. Ini sih rumah Dara namanya. Hostelnya gede sih kamarnya berasa kayak apartment, tapi suasanya rumah Dara. Lemari kayu tua, kursi-kursi vintage jaman dulu, ada kursi pula di dalem kamar mandi (yang serta merta gue suruh anak-anak cowok ngeluarin dari situ), ada koper tua nangkring di atas lemari, dan suasanya yang remang-remang. Gue dan rilla terpaksa tunggu-tungguan di depan wc gara-gara takut. Setelah sholat segala macem, kita pergi lagi merasakan Prague di malam hari sambil cari makan malem. Ternyata eh ternyata, udara Prague dinginnya tajem banget! Bener-bener nusuk sampe tulang.

Selamat datang. Nama saya Dara.
Selamat datang. Nama saya Dara.

Setelah check in dan ngambil brosur yang biasa disediakan oleh receptionist hostel, ternyata ada imbauan untuk nggak berisik di jalan karena orang Praha nggak suka keramaian dan kurang suka dengan turis. Sebagai makhluk yang paling heboh dan berisik di rombongan, gue langsung latihan untuk agak pendiem.

Dan ketika kita jalan keluar, beginilah bangunan indah pertama yang kita temui di balik perempatan. Subhanallah, ini baru yang pertama lho.

1. Municipal House Hall (Obecni Dum)

IMG_1910

Municipal House Hall (Obecni Dum)
Municipal House Hall (Obecni Dum)

2. Old Town

Kemudian kita meneruskan perjalanan ke old town. Jalanan yang kecil dan berbatu-batu bikin suasana mirip Edinburgh; tipikal daerah favorit gue! Tapi Prague lebih indah daripada Edinburgh. Dan kami pun sampai juga di old town yang sedang banyak jualan makanan-makanan di tenda.

Old town
Old town

3. Astronomical Clock (Staromestska Radnice)

Di area old town itu, terdapat landmark Prague yang sangat terkenal bernama astronomical clock, dan konon katanya merupakan landmark yang berarti bagi warga Prague. Belum tau sejarahnya gimana tuh.

Astronomical Clock
Astronomical Clock

4. Dinner at Black Angel’s Restaurant and Hotel

Salah satu yang bikin gue hepi berada di Prague adalah harga apapun disini lebih murah dibanding di negara Eropa lain yang udah gue datangin! Gue makan malam di hotel, duduk di depannya, di pusat kota, makan sambil lihat pemandangan Prague di malam hari yang cantik. Gue order makanan berjudul tuna grilled on charcoal served with vegetable risotto. Ciamik ya kedengerannya! Haha.. Makanan dan minuman yang gue pesen kalau diconvert ke Euro ga nyampe €20 tuh.

My ciamik dinner with ciamik scenery
My ciamik dinner with ciamik scenery
Pose dulu sebelum makan
Pose dulu sebelum makan
Pemandangan selama makan
Pemandangan selama makan

5. Wenceslas Monument

Ini dia nih yang merupakan landmark terkenal juga di Prague. Gue tau ini landmark terkenal karena patung kuda inilah yang dipajang di tumblr Starbucks Prague. Selain itu, di video clip Linkin Park yang shootingnya di Prague juga patung ini diambil berkali-kali buat nunjukin kalau mereka shooting disini. Ini foto Wenceslas Monument versi zoom out di malam hari, jadi patungnya kurang kelihatan.

Wenceslas Monument in the night
Wenceslas Monument in the night

Ini dia patung prajurit berkudanya yang terkenal :

Prajurit berkuda dengan 2 pasukannya
Prajurit berkuda dengan pasukannya

6. Dancing House (Tančící dům / Fred & Ginger House)

Merupakan salah satu bangunan di Prague yang unik karena bentuknya yang mirip bangunan menari. Karena itulah disebut dancing building. Terletak persis di depan sungai, dekat Charles Bridge yang pemandangannya benar-benar Subhanallah.

Dancing Building (Tančící dům)
Dancing Building (Tančící dům)

7. Charles Bridge, Wenceslas Fountai, dan sekitarnya

Ini dia pemandangan yang tiada duanya dan yang paling gue suka di novel Love in Prague. Ternyata yang gue imajinasikan memang nggak jauh beda. Ini dia foto-foto indahnya Prague di bagian Charles Bridge.

Pemandangan pinggir sungai
Pemandangan pinggir sungai
Wenceslas Fountain
Wenceslas Fountain
Nggak tau bangunan apa ini
Nggak tau bangunan apa ini
Ukiran patung-patung yang super keren
Ukiran patung-patung yang super keren
Siluet patung
Underneath the sun

Dan sampailah kita di Charles Bridge :

Welcome to Charles Bridge
Welcome to Charles Bridge
The prayer
The prayer
Happy couple in the romantic bridge
Happy couple in the romantic bridge

8. Lunch at Kavarna Slavia

Kami memutuskan untuk makan siang di restaurant deket Charles Bridge yang bernama Kavarna Slavia. Dan lagi-lagi kami makan di restaurant mewah, gue pesen makanan + minuman + dessert + eskrim movenpick masih nggak nyampe €20.

Kavarna Slavia
Kavarna Slavia
Makanan pesenan gue (lupa namanya)
Makanan pesenan gue (lupa namanya, kalau ga salah Goulash)
Dessert pertama
Dessert pertama : Apfel strudle

Gue adalah pecinta eskrim dan ini adalah eskrim ter-enak yang pernah gue makan seumur hidup yaitu Movenpick. Makan eskrimnya harus barengan dengan susu  :

Desert kedua : Moven Pick Ice cream with milk
Desert kedua : Movenpick Ice cream with milk

Recommended restaurant with unbelievable price.

9. Prague castle

Dan inilah puncak perjalanan kami di Prague. Menanjak jalan menuju Prague Castle! Dari atas bukit ini kita bisa melihat kota Prague dari atas. Karena itulah kita ngos-ngosan bela-belain jalan nanjak kesana.

Amazing view
Amazing view
Ini bangunan juga terkenal tapi nggak tau namanya apa
Ini bangunan juga terkenal tapi nggak tau namanya apa
St. Vitus Cathedral (Chram svateho Vita)
St. Vitus Cathedral (Chram svateho Vita)
Lagi ada yang nikah di gereja
Lagi ada yang nikah di gereja

Akhirnya kami turun bukit dan naik taxi menuju train station untuk melanjutkan Euro Trip ke negara selanjutnya yaitu.. Switzerland! Tapi yang unik di malam ini adalah kami nggak tidur di hotel melainkan di Sleepers Train! Jadi di dalam kereta ada tempat tidurnya. Enak nggak ya? Nantikan di post selanjutnya 😉

vidět!

-deguitarra-

Advertisements