Berlin. All hail!

Berlin mengingatkan cita-cita gue pas masih sekolah S1. Tiap ada yang nanya, kalau mau S2, negara tujuan yang gue pengen adalah Jerman. Alasannya cukup dangkal, karena gue merasa Jerman itu negara yang keren dan gagah (apa karena pengaruh Nazi ya?). Begitu sampai Berlin, ngeliatin orang-orangnya yang cakep-cakep karena termasuk ras yang unggul di Eropa, serta bahasa deutschnya yang dulu gue pernah ikutan lesnya setahun (dan sekarang ilmunya udah hilang semua) bikin gue mendadak tegang. Mari kita mulai ceritanya..

Sesampai di Berlin, gue mencelos melihat train stationnya yang lebih mirip bandara atau mall, gede dan futuristic banget! Kita pun memutuskan makan malem dulu di station sebelum ke hotel.

Berlin Hauptbahnhof

Berlin Hauptbahnhof

Keesokan paginya, dimulailah petualangan menyusuri Berlin. Jerman memang cukup terkenal dengan hujan saljunya, jadi saat jalan-jalan kita harus cukup berjuang berhujan-hujanan salju dan nginjek salju. Keadaan outfit gue yang kurang cocok (sepatu sneaker macam converse) cukup mengganggu acara jalan-jalan saat itu. Dikit-dikit gue berasa nggak punya jari kaki, udah mati rasa gara-gara kelamaan kena salju. Tapi untungnya hujan salju di Jerman agak beda dengan di Newcastle. Kalau di Jerman, saljunya jatuh perlahan-lahan tapi terus menerus sehingga jalanan penuh dengan tumpukan salju, kalau di Newcastle ujan saljunya deres tapi tiba-tiba berhenti dan hujan lagi. Agak labil emang salju di Inggris.

1. Memorial of Berlin Wall

Merupakan salah satu tempat yang dulunya terdapat Berlin Wall sebelum diruntuhkan, terletah di Bernauer Strasse. Tapi gue agak kurang suka dengan temboknya yang dicoret-coret dengan grafiti, entah kenapa jadi terkesan alay.

Memorial of Berlin wall

Memorial of Berlin wall

Disana juga terpampang foto-foto jaman perang dulu:

Bernauer Strasse

Bernauer Strasse

Ini dia tembok bergrafiti yang terkesan alay:

Tembok terkesan alay

Tembok alay

2. Bradenburg Gate (Bradenburger Tor)

Merupakan salah satu icon terkenal di Jerman yang dibangun sebagai lambang perdamaian dan keinginan untuk menyatukan Berlin. Gerbang ini terdapat di antara Parizer Platz dan Platz des 18. Wajib foto di depan sini!

Bradenburg Gate

Bradenburg Gate

3. Reichstag Building

Bangunan ini merupakan gedung parlemen Jerman hingga kini. Reichstag building juga merupakan tempat dimana proklamasi Republik Jerman diadakan. Setelah Hitler dilantik menjadi kanselir Jerman pada tahun 1933, bangunan ini dibakar oleh seorang komunis dari Belanda. Kemudian bangunan ini direnovasi sekitar tahun 1966-an.

Reichstag Building

Reichstag Building

Di atas Reichstag Building ini terdapat kubah yang merupakan salah satu ciri khas Berlin dan akan berpendar di malam hari. Kubah ini terbuka untuk umum tapi antrean masuknya panjang banget. Jadi kita foto-foto aja di depannya sambil main-main salju.

4. Taman di depan Reicshtag Building (nggak tahu namanya apa)

Setelah puas foto-foto di depan gedung, kita main lempar-lemparan snowball di taman depan Reichstag building dan Bradenburg Gate. Banyak pohon-pohon tinggi dan simetris kayak di Korea, kece deh buat foto-foto.

Main di Taman

Main di Taman

Main lempar-lemparan snowball bentar

Main lempar-lemparan snowball bentar

5. The Holocaust memorial (Memorial to the Murdered Jews of Europe)

Merupakan makam para Jews (yahudi) yang dibunuh saat rezim Nazi. Walaupun makam tapi tetep aja nggak serem karena bentuknya cuma semen-semen dengan ketinggian yang berbeda. Disana kita malah sempet mainan petak umpet sebentar. Ada yang tingginya cuma sepinggang sampai lebih tinggi daripada tinggi badan manusia.

Holocaust

Holocaust

Ngambang

Ngambang *ngapain sih*

6. Museum Island

Merupakan suatu tempat dimana terdapat 5 museum dalam satu tempat, yaitu Pergamon Museum, Bode Museum, Neues Museum (New Museum), Alte Nationalgalerie, dan Altes Museum (Old Museum). Karena Hugo gila museum, jadi kita semua masuk ke museum. Tapi yang bikin gue sebel adalah gue dan Hugo beli tiket terusan untuk 3 museum seharga €14 per orang. Pas giliran Rama beli tiket di petugas yang berbeda, dia ditanya ‘are you a student?’ sehingga dia dapet harga mahasiswa sebesar €7 aja!

Salah satu museum di Museum Island

Salah satu museum di Museum Island

Altes Museum (Old Museum)

Altes Museum (Old Museum)

Pergamon Museum

Pergamon Museum

Rata-rata museum ini berisi mengenai peninggalan jaman kejayaan Greek dan Roma, patung-patung Caesar-Cleopatra, dewa Zeus, sarcofagus, dan sebagainya.

Bangunan khas kerajaan Roman

Bangunan khas kerajaan Roman

Patung-patung dewa Yunani

Patung-patung dewa Yunani

Malemnya kita semua pulang karena tepar. Di hari ke-3 Euro Trip ini, Avie sudah mulai tumbang karena flu dan demam. Akhirnya di hari ke-4 kita semua istirahat dan cuma jalan-jalan santai di sekitar hotel sebelum menuju negara tujuan selanjutnya. Prague, here we come!

Auf wiedersehen!

-deguitarra-

2 thoughts on “Berlin. All hail!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s