What to do in Holland?

Holland is mostly considered as first destination for Euro Trip from UK, since the flight rate is insanely cheap! Bahkan dengan membeli tiket flight air yang murah, gue berhasil dapet tiket Newcastle – Amsterdam seharga £43 (kadang-kadang harga tiket kereta dari Newcastle ke London aja bisa lebih mahal dari itu). Gue, Rilla, dan Avie sampai di Schiphol Airport sekitar pukul 8 malem dan bertemu Hugo dan Rama disana. Setelah itu, kita langsung naik bus menuju Van Gogh Hostel.

Biasanya orang2 foto di depan sini

Biasanya orang2 foto di depan sini

I am sterdam

I am sterdam

 

Cukup banyak perbedaan yang gue temui antara Belanda dan Inggris, masing-masing punya keunikannya sendiri. Ini dia diantaranya :

1. Ciri khas jalanan di Belanda adalah banyaknya kanal, sedangkan suasana jalanan di Inggris didominasi oleh bangunan bata-bata seperti kastil dan rumput hijaunya.

Kanal

Kanal di Belanda

Cukup beda dengan Inggris :

Gedung kastil dan rumput hijau, salah satu ciri-ciri Inggris

Gedung kastil dan rumput hijau, salah satu ciri-ciri Inggris

2. Sepeda lebih populer dipakai di Belanda daripada di Inggris, begitu pula dengan tram. Sejauh gue berkelana di Inggris, gue cuma nemu tram di Manchester (dan kata temen gue sih di pinggiran London juga ada). Mungkin ada sih di kota lain yang belum gue kunjungi.

Tram di Amsterdam

Tram di Amsterdam

Kalau di Inggris, lebih tepatnya di London, kendaraan umum inilah yang bakal banyak ditemui:

Double decker bus merah

Double decker bus merah di London

3. Di Belanda, ganja dan tempat prostitusi dianggap legal sehingga masyarakat bisa bebas transaksi di pusat kota. Kacau nih.. Red Light District merupakan area tempat prostitusi dan jual beli ganja di Belanda. Ganja yang dijual pun dikemas dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang berbentuk space cake (brownies mengandung ganja), cannabis lollipop, dan lain-lain.

Red light District in a  glimpse

Red light District in a glimpse

Ganja di etalase toko

Ganja di etalase toko

 

Karena itulah, saat di kereta dari Belanda menuju Jerman, ada polisi dan anjing pelacak masuk ke dalam kereta untuk periksa orang yang ketahuan membawa ganja dari Belanda.

Begitulah kira-kira perbedaan yang gue tangkep antara Belanda dan Inggris, kalo ada yang salah atau kurang tepat tolong dikoreksi, hehe. Belanda sangat terkenal dengan kincir angin, bunga tulip, dan kejunya. Sayangnya pas gue ke Belanda sedang winter, jadi bunga tulip belum mekar. Yang penting foto di depan kincir ama nyobain makan keju Belanda.

Menuju Volendam

Di hari kedua, gue dan rombongan menuju kota Volendam. Tujuan utamanya adalah foto berbusana pakaian tradisional Belanda. Begitu sampai di depan tokonya, ada banyak foto-foto orang yang pake baju tradisional Belanda itu dan kaget pas liat ternyata ada beberapa artis Indonesia yang fotonya juga dipasang di depan toko.

Mbak Ruth Sahanaya terpampang nyata di etalase toko

Mbak Ruth Sahanaya terpampang nyata di etalase toko

Setelah puas foto-foto dengan pakaian tradisional Belanda, kita menuju Cheese and clog factory. Tapi sebelumnya mampir dulu di depan windmill untuk foto-foto.

Windmill

Windmill

Di cheese and clog factory, kita dikasih penjelasan tentang cara pembuatan keju. Kita juga dipersilakan nyicipin berbagai macam jenis keju. Ternyata keju ada banyak jenisnya lho, ada smoked-cheese yaitu keju yang di dalamnya ada kandungan dagingnya. Jadi saat nyicip-nyicip keju, harus tanya bener-bener ke penjaganya karena takut salah makan keju yang berisi daging babi atau ganja.

Berbagai macam jenis keju

Berbagai macam jenis keju

Clogs everywhere

Clogs everywhere

Begitulah jalan-jalan di Amsterdam dan Volendam yang sangat kilat. Semoga lain kali bisa mampir Belanda lagi untuk foto bareng tulip dan pergi ke kota lain seperti Rotterdam dan Groningen.

Tot kijk!

-deguitarra-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s