Sunday morning randomness

Minggu pagi di awal Februari ini gue awali dengan kegiatan random di dapur yaitu membuat kue. Sebelumnya gue pernah sih bikin kue, tapi partisipasi gue dalam membuat kue biasanya cuma 18% (alias ngeliatin sambil manggut-manggut, cuciin piring kotor, ngaduk adonan). Pagi ini, gue mau bikin kue tanpa bantuan orang lain!

Karena ini adalah edisi perdana gue bikin kue, so let’s start with something simple such as instant sponge! Yeah, bahkan membuat kue bolu aja juga gue bikin yang adonan instan, alias gue cuma nambahin telur, air, aduk, dan masukkan ke dalam oven. Life is beautiful, isn’t it?

Sembari gue bikin kue, gue juga bikin menu makan pagi yaitu nasi dengan fried mushroom and prawn with bean sprout. Ini dia tahapan tahapannya:

1. Membuat nasi

Karena nasi butuh waktu yang paling lama, jadi langkan paling awal adalah bikin nasi.

2. Bikin adonan bolu

Untuk pemula, gue memutuskan untuk beli adonan instant untuk bikin bolu. Jadi, gue cukup menuang bubuk adonan, tambahkan dengan 2 butir telur, air 120 ml, dan aduk hingga mengembang kurang lebih selama 5 menit (kalau pakai mixer cukup 1 menit saja).

Adonan instant

Adonan instant

Tuang adonan ke dalam tray

Tuang adonan ke dalam tray

Ready to bake the sponge

Ready to bake the sponge

3. Panggang di dalam oven

Setelah adonan cukup mengembang dan lembut, masukkan ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius, dengan gas mark 4 selama 20 menit.

Sembari menunggu hasil panggangan, kita membuat fried mushroom and prawn with bean sprout yuk! Ini dia langkah-langkahnya :

4. Rebus beansprout (taoge) dan lettuce (selada) di atas panci dengan gas 3

IMG_9358

5. Sembari menunggu rebusan bean sprout dan lettuce, potong jamur menjadi bagian kecil. Begitu pula tomat dan bawang bombay. Biasanya gue tambahin juga paprika, tapi kebetulan lupa belum beli

6. Masukkan 1 butir telur dan campur dengan tepung rasa apapun yang kalian suka. Kocok hingga mengental. Masukkan udang, jamur, dan sebagian bawang bombay ke dalam adonan tepung dan telur yang sudah mengental. Aduk hingga merata.

7. Siapkan teflon di atas kompor dengan gas 4. Masukkan sepotong butter (mentega) ke atas panci dan beri bawang bombay supaya lebih wangi. Ketika udah mulai meletup-letup, masukkan adonan yang sudah diaduk di nomor 6 tadi.

Bawang bombay campur dengan butter

Bawang bombay campur dengan butter

8. Sambil digoreng, matikan kompor rebusan bean sprout dan lettuce. Masukkan adonan udang, jamur, dan bawang bombay ke dalam teflon.

Udang dan jamur masuk teflon

Udang dan jamur masuk teflon

Masukkan tomat di menit-menit terakhir.

Masukkan tomat

Masukkan tomat

9. Setelah cukup matang, matikan kompor. Dan mari kita buka oven karena timer sudah berbunyi! Saatnya ambil sponge dari dalam oven.

IMG_9367

Gosoooong

Gosoooong! Dan seperti ada lahar di tengahnya

Mari kita balik supaya tidak terlihat gosong.

Lumayan..

Lumayan..

10. Ini dia bagian yang agak susah. Membelah sponge menjadi dua bagian yang sama besar untuk melapisi bagian tengah dengan selai kacang. Harusnya sih dikasih cream, tapi karena gue masih belum punya skill membuat cream jadi selai kacang dulu saja. Dan ini dia yang terjadi saat gue belah jadi 2.

Retak jadi 4

Retak jadi 4

Sepertinya tangan gue memang terlalu kasar untuk membuat kue selembut bolu. Paniik, sekarang retak jadi 4. Baiklah, dengan kekuatan super hati-hati, gue lapisi bagian tengah dengan selai kacang.

Selai kacang

Selai kacang

11. Setelah kita beri selai di bagian tengah bolu, kita rekatkan lagi kedua belahan dengan hati-hati. Untuk menutupi keretakan bolu, mari kita oles selai kacang lagi di bagian atas dan tabur meses warna-warni di bagian atasnya.

Meses

Meses

Voila!

Voila!

Demikian acara masak-memasak di hari minggu ini, yaitu ‘failed’ chocolate sponge with peanut cream dan fried prawn and mushroom with bean sprout. Cocok dimakan bareng dengan toffee yoghurt dan kopi hangat. Yummy!

Happy cooking,

de guitarra

3 thoughts on “Sunday morning randomness

Leave a Reply

