Day 4 : Short Escape to Bath

Bath adalah salah satu kota yang terletak di Inggris bagian selatan yang bernuansa Roma Kuno. Pertama kali gue menginjakkan kaki di Bath, suasananya bener-bener seperti di Roma. Warna bangunan coklat, ukir-ukiran patung, banyak burung merpati beterbangan, dan berasa damai. Oke, di post ini gue akan cerita tentang pengalaman menuju Bath dan apa yang terjadi di Bath bersama pasukan gerak jalan yang cukup membuat ulah!

Salah satu bangunan di Bath

Salah satu bangunan di Bath

Jadi begini. Pada perjalanan dari London ke Bath, pasukan terbagi menjadi 2, yaitu 2 orang naik bus (berangkat dari Victoria Coach Station pukul 8 pagi) dan 2 orang naik train (berangkat dari Waterloo Station pukul 9.20 pagi). Pasti pertanyaan pertama yang muncul adalah : kenapa berangkatnya kepisah gini? Ceritanya sangat panjang. Pokoknya intinya ini semua berkaitan dengan fluktuasi harga train yang melonjak naik cuma dalam hitungan beberapa detik.

Pertanyaan kedua yang muncul adalah : siapa yang naik bus dan siapa yang naik kereta? Berdasarkan undian (dan kemampuan bangun pagi), gue dan Sepun akhirnya terpilih naik bus selama 3,5 jam dan berangkat pukul 8 pagi!

Ingat, jam 8 pagi matahari baru terbit sedikit (waktu sholat subuh baru saja berakhir). Gue berangkat dari wisma pukul setengah 7 pagi dan bangun tidur jam 6 pagi.

Mengingat pengalaman 2 hari yang lalu dimana kita lari-lari sepanjang tube demi ngejar bus, akhirnya kali ini kita berhasil nyampe bus station dengan santai. Gue dan Sepun naik bus dengan berhasil ke Bath. Bagaimanakah kisah dua pasukan lainnya (Bagus dan Mas Nanda)?

Jadi sehari sebelumnya, masih ingat kan kalau kita semua ke Hamleys, toko mainan yang ada di Oxford Street? Nah disitu Bagus dan Mas Nanda bener-bener betah dan sempet nyeletuk “udah yuk besok kita nggak usah ke Bath deh pagi buta, main di Hamleys aja seharian“. Gue sempet kaget tapi menganggap mereka becanda doang. Dan ketika gue di dalam bus, gue membuka notification BBM dan menemukan dua status yang sempet membuat gue murka beberapa detik :

Status BBM Bagus

Status BBM Bagus

Status BBM Mas Nanda

Status BBM Mas Nanda

OH MY GOD MEREKA BENERAN NGGAK JADI NYUSUL KE BATH?!

Belum selesai keselnya, gue buka twitter dan menemukan Bagus (yang super jarang update status di twitter) tiba-tiba ngetweet : Hamleys all the day🙂

Saat itu jujur gue sempet 52% kesel karena mereka lebih pilih main sendiri, 27% kecewa karena mereka nggak ngabarin langsung, 18% bete dan berkata dalam hati tau gitu gue bisa pakai tiket kereta mereka dan nggak perlu berangkat pagi buta, dan 32% adalah masa bodo terserah mereka mau ngapain. Ngomong-ngomong ini jumlah persentasenya udah sampe lebih dari 100% ya (saking gue keselnya berarti). Gue bbm mereka berdua tapi belum ada yang ngebales. Kampretooosss!

Gue ngasitau Sepun kalau mereka nggak jadi nyusul dan langsung mikir “ntar kita ngeprint tiket kereta untuk pulang dimana ya pun?” dan juga sesekali menghibur diri “gapapa ya pun, Bath seru kok pun, kotanya keren kok pun, huhu”. Dan sepun cuma mengangguk santai sahaja.

Sesampainya di Bath, gue langsung panik mencari city map karena Map and Direction Division pasukan kali ini tidak berada di tempat. Gue minta peta ke bagian informasi, sepun (yang batre HPnya ngedrop) akhirnya baca peta dan menuju objek wisata pertama yaitu : ROMAN BATH. Untuk tiket masuk Roman Bath, kita beli yang sekaligus dengan tiket masuk Fashion Museum dengan harga mahasiswa yaitu £13,5.

Sumber air panas yang ada di Roman Bath

Sumber air panas yang ada di Roman Bath

Patung salah satu Tuhan yang disembah di kerajaan, God Minerva

Patung salah satu Tuhan yang disembah di kerajaan, God Minerva

Sepun bersama pasukan kerajaan Roman

Sepun bersama pasukan kerajaan Roman

Harrius Potter, novel Harry Potter yang ditulis dalam versi latin

Harrius Potter, novel Harry Potter yang ditulis dalam versi latin

Setelah kurang lebih sejam gue dan Sepun mengelilingi Roman Bath, tiba-tiba muncul 2 bocah yang tak lain dan tak bukan adalah Bagus dan Mas Nanda! Dan dengan santainya mereka bilang : Loh, eh kok bisa ketemu kita? Apakabar?

AAAAARGH GUE BERHASIL DIKERJAIN TADI! DASAR BOCAH KURANG KERJAAN SAMPE UPDATE STATUS BBM DAN TWITTER PALSU! *kemudian terdengar samar-samar Ayu Ting-Ting bersenandung

Dengan masih ketawa-tawa nggak ikhlas, gue berempat melanjutkan perjalanan menyusuri Roman Bath, lalu makan siang di Nando’s. Oiya, sebelum makan, gue sempet melewati objek wisata lain yaitu Bath Abbey.

Bath Abbey

Bath Abbey

Setelah makan siang dan bernegosiasi dengan Bagus untuk tukeran nanti pas pulang (jadi gue naik train bareng mas Nanda dan Bagus naik bus bareng Sepun), gue bersama pasukan lengkap pun pergi menuju Fashion Museum. Isinya adalah tentang perkembangan pakaian dari jaman dahulu hingga tahun 2012. Jaman pakaian bergaya ala victoria hingga gaun hasil rancangan designer terkenal Alexander McQueen.

IMG_8454IMG_8455

Selain itu, gue senang sempet mencoba pakai baju ala victoria, hohoho :

Gue dan Mas Nanda berkostum victoria

Gue dan Mas Nanda berkostum victoria

Kalo yang ini kostum Susu Manis Cap Nona

Kalo yang ini kostum Susu Manis Cap Nona Gagal

Gara-gara puas gonta ganti kostum, gue lupa ngeliat jam dan jam tangan sudah menunjukkan pukul 15.35 (FYI, jadwal bus pulang adalah pukul 15.45, sedangkan untuk train masih 16.07). Gue langsung panik dan seperti biasa kejadian lari-lari mengejar bus sepanjang jalan terulang kembali. Gue bertiga bersama Bagus dan Sepun lari nggak berhenti dari Fashion Museum sampai ke Bus Station selama 10 menit. Sebenernya gue nggak perlu ikut lari karena gue naik train (Mas Nanda udah nyerah nggak kuat lari). Tapi sebagai traveling leader yang bertanggung jawab (ehem), gue harus ikut menanggung ketertinggalan bus. Dan gue bertiga tepat nyampe di bus station pukul 15.45 tapi busnya udah berangkat setengah menit yang lalu. Argh! Akhirnya Bagus dan Sepun beli tiket bus lagi dan berangkat dari Bath pukul 17.30! Gue menuju train station dan pulang ke London bareng Mas Nanda pukul 16.07. Tuh kualat kan ketinggalan bus, ini pasti gara-gara tadi pagi ngerjain gue! Dan juga karena lupa tadi siang nggak sempet ngejar sholat Dzuhur.

Begitulah cerita singkat tentang perjalanan di Bath. Bath adalah kota yang indah dan kalau kalian kesini harus bener-bener diexplore karena cukup banyak objek wisatanya dan letaknya berdekatan. Sayangnya gue cuma punya waktu sedikit, tapi gue senang karena tujuan utama ke Roman Bath tercapai sudah. Come to Bath and feel the Roman Atmosphere in England!

-deguitarra-

Leave a Reply

