London, finally! (Part 2 ) : Trip around Zone 1 on Remembrance Day

Gue tidur jam 2 pagi dan terbangun jam setengah 8 pagi (FYI, disini jam setengah 8 pagi langit masih gelap dan masih waktu sholat Subuh lho). Pagi ini, gue janjian ketemu dengan temen kantor gue yang tinggal di Southampton yaitu Hugo. Dia ngajakin jalan keliling London, wow dengan senang hati gue mau! Akhirnya kita janjian ketemu di bawah Big Ben jam setengah 10 pagi. Dengan berbekal Tube Map yang gue ambil di Russel Square Station, gue langsung menuju Westminster Station tempat Big Ben berada.

Sesampai di Westminster Station, gue keluar dari Tube, dan pemandangan yang gue lihat pertama kali adalah London Eye. Ngelihat London Eye aja gue udah berkaca-kaca, huhu. Gue pun bingung nyari Big Ben, kenapa jam segede gadang gitu nggak gue temuin, padahal letaknya ada di depan London Eye. Gue pun nge-bbm si Hugo.

Gue : Dimana?

Hugo : Udah nyampe nih di Big Ben. Dimanaa?

Gue : Gue di depan Westminster Station, tapi kok Big Bennya ga ada. Tapi London Eye keliatan dari sini

Hugo : Hzz nggak mungkin nggak ada, itu udah deket

Gue pun keliling kesana kemari. Buka googlemaps. Dan dengan pelan-pelan gue nengok ke atas.

YAELAH. TERNYATA TADI GUE KELUAR DARI BAWAH BIG BEN. Jadi daritadi gue bingung nyari Big Ben yang ada di atas gue persis. Okay, hari ini acaranya adalah keliling London di zone 1 (FYI, London terdiri dari 8 zones). Mari kita mulai perjalanan foto dengan landmark terkenal di London.

1. Big Ben dan London Eye

Big Ben adalah jam raksasa yang merupakan landmark paling beken di London. Terletak berseberangan persis dengan London Eye, di tepi sungai Thames. Untuk menuju kesini, naik Tube berhenti di station Westminster.

Big Ben

Big BenIMG_3628

London Eye

London Eye

Tinggal ngesot dari Big Ben, terdapat Westminster Abbey. Mari kesana!

2. Westminster Abbey

Merupakan gereja tua yang berdiri sejak 1560 dan merupakan tempat pengangkatan ratu dan juga pemakaman kerajaan Inggris. Gue datang di saat yang tepat, yaitu di Remembrance Day (hari peringatan kepada mereka yang berperang dan gugur di World War I).

Westminster Abbey

Karena sedang memperingati keluarga mereka yang gugur di medan perang, di depan gereja terdapat banyak salib yang bertuliskan nama keluarga mereka.

Salib memperingati keluarga korban World War I

Remembrance Day ini disebut juga dengan Poppy Day. Poppy adalah sejenis bunga berwarna merah. Mengapa disebut sebagai poppy day? Karena saat World War I, berbarengan pula bunga poppy ini tumbuh sehingga sekarang poppy dijadikan sebagai lambang peringatan World War I. Warnanya yang merah menjadi simbol yang cocok untuk menggambarkan darah di pertarungan World War I. Disana, banyak bapak-bapak yang meminta donasi, dan jika kita memberi donasi maka mereka akan memberi pin poppy.

Poppy

Di area Westminster Abbey juga bisa ditemui patung-patung orang terkenal, salah satunya adalah Winston Churcill.

Winston Churcill

3. Buckingham Palace

Buckingham Palace merupakan tempat tinggal ratu dan juga tempat penyambutan tamu kenegaraan maupun acara-acara penting, contohnya pernikahan Prince William dan Kate Middleton. Saat jalan menuju kesana, jalan sempat ditutup karena ada prajurit yang mau lewat.

Prajurit

IMG_3745

Sesampai di Buckingham Palace, ternyata sayang sekali area pekarangannya ditutup sementara karena ada kegiatan Remembrance Day ini. Dan sesaat kemudian, tiba-tiba ada patroli mobil dan ternyata queen Elizabeth lewat! Hoho akhirnya papasan langsung sama si ratu.

IMG_3759

Queen Elizabeth

Queen Elizabeth

Buckingham Palace

Buckingham Palace

4. Trafalgar Square

Merupakan area luas, salah satu attraction center di London. Disana juga tempat beberapa syuting film seperti Casino Royale, The Avengers, Harry Potter : The Deathly Hallows part 2, dan lain-lain. Karena berupa landscape yang cukup luas dan oke, disana bisa foto-foto dengan beberapa landmark sekaligus. Ada juga burung merpati yang berkerumun disana, sayangnya gue kemarin nggak sempet foto ama mereka.

IMG_3788IMG_3805IMG_3793

5. Waterloo

Sebenarnya gue juga nggak tahu ada apa di Waterloo. Tapi katanya disana adalah tempat syutingnya film action yang gue lupa judulnya. Sesampai disana, gue dan Hugo malah nemu semacam food bazaar. Tapi sempet foto juga di atas Waterloo Bridge.

Waterloo Bridge

Waterloo Bridge

Salah satu stan food bazaar

Salah satu stan food bazaar

6. London Bridge

Masih inget lagunya Fergie yang judulnya London Bridge? Inspired by lagunya Fergie itu gue pun menuju kesana (padahal lirik lagunya bukan tentang London Bridge).

IMG_3868

London Bridge

London Bridge

7. (Nyasar di) Liverpool Street

Niat awalnya sih makan di Wagamama, di daerah Liverpool street. Tapi sialnya sesampai disana ternyata tutup! Nggak heran juga sih ya, disini sabtu dan minggu banyak toko yang tutup. Liverpool street merupakan kawasan kantor dimana karena hari Minggu semua kantor tutup jadinya tempat makan juga tutup. Nyaris kayak kota mati. Akhinya kita makan sedapetnya aja, untung ada resto China yang buka.

Liverpool street yang sepi

Liverpool street yang sepi

IMG_3876Akhirnya cuma makan ini:

IMG_3889

8. Tower of London

Tujuan akhir hari ini adalah Tower of London, yaitu kastil tua yang dulunya adalah penjara. Karena gue udah nggak punya banyak waktu, jadi disana gue cuma foto dan beli es krim.

Tower of London

Tower of London

I scream for Ice cream!

I scream for Ice cream!

Sebenarnya masih ada tujuan yang gue pengen datangi yaitu Sherlock Holmes Museum yang ada di Baker Street. Tapi sayangnya waktu udah menunjukkan pukul 15.00, dimana waktu departure bus gue adalah 16.00. Gue pun pergi menuju station Victoria yang konon katanya tinggal keluar dari stasiun langsung nemu bus station, jadi dengan pedenya gue bilang ke Hugo berkali-kali ‘santai Go, lo kalo udah mau ke station lo juga nggak apa-apa, gue bisa sendiri kok’.

Dan kemudian setelah keluar dari tube dan melihat googlemaps, jarak menuju Victoria Coach Station masih 10-15 menit jalan kaki! Damn. Gue pun merengek ‘Go temeniin, ga bisa baca petaaa’.

Akhirnya gue nyampe bus station pukul 15.50 tapi nggak ada teman gue satupun (FYI gue harusnya bareng pulang ber-10). Gue telpon nggak ada yang bisa dihubungin. Gue mulai tegang, apalagi tiket bis gue dipegang Natali. Akhirnya 15.56, teman-teman gue semua dateng sambil lari-lari, fyuuh! Tapi Natali nggak ada! Rupanya tadi mereka mencar. Akhirnya gue dan teman-teman yang tiketnya dibawa Natali pun ngendap-ngendap masuk bis, untuuung nggak ketahuan! Setelah berkali-kali telpon Natali, akhirnya sayang sekali Natali ketinggalan karena bisnya benar-benar berangkat pukul 16.00. Ending yang sedikit menyedihkan, hiks.

Okai, begitulah cerita London part 2. Nanti pas libur menjelang natal gue bakal ke London lagi dan kota di sekitarnya.

Happy traveling!

-deguitarra-

One thought on “London, finally! (Part 2 ) : Trip around Zone 1 on Remembrance Day

  1. Salam kenal, saya mau k London tgl 2 – 6 May 2013 ini. Thx untuk lipitan Londonnya,,,kalau mau tanya-tanya lebih jauh bagaimana yah? Kayaknya tuk next jalan2 kamu harus ajak aq nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s