Visit York

Hari ini hari Sabtu. Pertanda apa?

Yak benar. Saatnya jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran dan mencicil mengarungi UK selagi belum musim ujian. Kali ini, anggota jalan-jalan cukup random, yaitu gue, Rara, Sepun, dan Abdul (temennya Sepun dari Bangladesh). Hari ini kita berangkat ke kota yang berada 1 jam dari Newcastle (kalau naik kereta), yaitu York. Awalnya gue nggak ngerti, York dan Yorkshire itu sama atau beda sih? Ternyata York itu adalah county-nya, sedangkan Yorkshire itu kotanya. Jadi ibaratnya Newcastle, kotanya adalah Newcastle upon Tyne dan county-nya adalah Tyne and Wear. County itu kira-kira kalau di Indonesia adalah istilah untuk propinsi.

Setelah lari sepanjang jalan menuju stasiun Central St James selama 15 menit, akhirnya kita sampai juga ke dalam kereta. Yang gue bingung, saat pesan tiket gue udah pilih yang tempat duduknya forward, tapi entah kenapa gue dapat yang duduk menghadap belakang. Mundur selama 1 jam agak sedih juga ya, untung keretanya cepet dan jalannya mulus jadi nggak pusing.

Sesampai di York, kesan pertama yang gue rasakan adalah : DINGIN ! York letaknya berada di sebelah selatan Newcastle, tapi entah kenapa lebih dingin. Tangan gue beku, bahkan mau ngetik bbm aja udah mati rasa. Uap yang keluar dari mulut jauh lebih tebal dibandingkan di Newcastle (bahkan pas napas keluar dikit dari hidung). Pas gue periksa suhu udara, saat itu 3 derajat (pukul 8.35). Cukup mirip dengan suhu di Newcastle sih sebenarnya.

Perjalanan gue di York mengingatkan gue pada saat traveling ke Macau. Bentuk kotanya yang terkotak-kotak dan banyak objek wisata yang cuma terhampar dalam hitungan beberapa meter membuat traveling menjadi makin mudah dan makin banyak ‘must visit list‘ yang bisa diberi tanda √. Jadi enaknya memang harus jalan kaki, karena baru jalan sebentar udah nemu objek wisata lain (secara nggak sengaja pula). Jadi wajib siapkan kaki yang kuat hari ini!

Oiya sedikit selingan nih. York dikenal sebagai kota yang menyimpan jutaan sejarah di Inggris. Kota yang hidup di zaman Roman ini dulunya dikuasai oleh Anglo-Saxons, dan kemudian direbut oleh the Vikings. Banyak bangunan bersejarah disini, karena itulah York menjadi salah satu inceran kota yang harus gue datangi di UK!

Stasiun York adalah stasiun kereta api yang paling tua di Inggris. Di area kereta api ini juga terdapat National Railway Museum, yaitu museum yang berisi sejarah kereta api di Inggris. Untuk masuk ke museum ini gratis.

1. National Railway Museum

York Central Stasion

Kereta tua yang dipajang di museum

Yang cukup mengesankan di dalam museum adalah ada sepenggal kereta Shinkansen (kereta api super cepat milik Jepang). Jadi gue masuk dan duduk di dalamnya. Lumayan ngerasain Shinkansen walaupun cuma penggalannya doang..

Di dalam Shinkansen

2. York Wheel

Dari stasiun, terlihat sebuah bianglala besar. Akhirnya kita jalan kesana, tapi sayangnya belum buka, jadi kita foto-foto aja di depannya.

York Wheel

Dari York Wheel, gue dan teman-teman melanjutkan perjalanan menuju city wall dengan bertanya pada satpam terlebih dahulu. Ternyata jaraknya dekat banget dari stasiun.

3. York City Walls

York City Walls merupakan tembok yang terbentang panjang di kota ini yang dibangun sejak zaman Roman, salah satu tujuannya untuk melindungi diri dari musuh. Makin berkembang zaman, tembok ini dirawat dan diinovasi sehingga dijadikan jalan penghubung sehingga lebih cepat.

Foto di atas city wall

Setelah jalan muter ngelilingin city walls, kita menuju tempat yang paling pengen gue kunjungi di York (kenapa? karena tempat ini terpampang besar di halaman depan buku lonely planet : discover the Great Britain). Ini dia tempatnya : York Minster. Tapi selangkah sebelum ke York Minster, kita nemu Yorkshire Museum Garden, jadi kita iseng masuk kesini dulu.

4. Yorkshire Museum Garden

Banyak burung di dalamnya

Salah satu pojokan Yorkshire Museum Garden

Setelah keliling-keliling sebentar, akhirnya sampailah di York Minster!

5. York Minster

Merupakan gereja tua yang didirikan di abad ke-13 dan merupakan gereja tertinggi kedua di England. Gue cuma masuk ke depan aja, karena kalau masuk sampe dalem harus bayar sekitar £9.

York Minster

Bagian dalam York Minster

Form untuk nulis doa lalu nyalakan lilin setelahnya

Setelah dari York Minster, kita menuju tujuan selanjutnya yaitu the Shambles!

6. The Shambles

The Shambles merupakan area belanja di pusat kota Yorkshire. Di abad ke-14, the Shambles dikenal sebagai tempat berjualan daging. Saat ini bermacam-macam toko pakaian, makanan, dan souvenir berjejer di the Shambles, seperti Zara.

Suasana the Shambles

Di the Shambles, kita mampir sebentar untuk lunch (walaupun yang beli makan cuma Sepun sama Abdul hahaha).

Mari melanjutkan perjalanan setelah mengisi baterei!

7. Clifford’s Tower

Sempat ada sedikit cek-cok saat si Abdul ngotot pengen sholat dzuhur tepat waktu (nggak mau dijamak Ashar) sehingga kita harus jalan kaki jauuuu (wait for it) uuuuhhhh banget untuk cari masjid! Ada hikmahnya juga sih, kita nggak sengaja nemu Clifford’s Tower yang udah ditulis sebagai must visit list kita.

Clifford's Tower

Clifford’s Tower

Come and discover over 900 years of history. Wow!

8.York Museum

Terletak dekat dengan Clifford’s Tower, tapi gue cuma foto depan museum aja, nggak masuk ke museumnya.

York museum

9. The Guildhall

Terletak di area the Shambles, tepatnya di belakang mansion di sisi sungai, the Guildhall merupakan aula yang dulu sering digunakan pada abad ke-15. Saat gue kesana, kebetulan aulanya sedang dipakai untuk pameran arkeologi. Dan dari jauh terlihat orang pake kostum the Viking, haha kesempatan bagus untuk minta foto bareng.

The Guildhall

Begitulah kira-kira acara jalan-jalan di York dengan total jalan kaki selama 10 jam. Tepaar..

Begitulah cerita tentang traveling hari ini, ayo jalan-jalan selagi muda dan kuat jalan kaki 10 jam !