Howay the Lads!

Udah pernah denger semboyan Howay the Lads?

Gue pertama kali denger semboyan itu saat masuk ke St James Park Stadium, yang tidak lain adalah stadion utama Newcastle United. Howay the lads adalah kata-kata semboyan para pendukung Newcastle United yang artinya kira-kira adalah dorongan supaya menang. Maklum, penduduk Newcastle (yang disebut Geordie) punya dialek dan frase yang beda dari orang British kebanyakan. British dialect aja udah susah, apalagi Geordie.

Mau cerita dikit nih tentang Geordie. Saat gue ikut induction class, ada beberapa istilah yang diajarkan tentang istilah Geordie. Contohnya adalah “Aa’reet, pet? ” yang artinya adalah how are you, “Gan canny!” artinya adalah take care!, “Shy bairns get nowt” yang artinya adalah don’t be afraid to ask, dan sebagainya.

Okay balik lagi ke cerita tentang St James Park Stadium. St James Park Stadium letaknya persis di sebelah asrama gue. Jadi kalau lagi ada tanding, suara sorak sorainya sampe kedengaran dari depan kamar. Moga2 aja nggak rusuh dan berisik kalau ada tanding.

St James Park yang nempel dengan asrama gue

St James Park yang nempel dengan asrama gue

Minggu kemarin saat acara kampus diisi dengan induction week, salah satu tour yang gue ikuti adalah St James Park Tour. Jadi gue masuk stadium mulai dari level 6 (lantai 6, kalau di stadium berarti nonton di paling atas), level 3, dan level 0 alias megang rumputnya!

Pertama-tama, ruangan yang dimasuki adalah museum Newcastle United.

Museum St James Park

Museum St James Park

St James Park, level 6

St James Park, level 6

Dari level 6, gue masuk ke tempat makan para pemain bola, dimana harga makanan/minuman yang paling murah adalah £1500 (kalau ga salah inget ya).

Tempat makan pemain bola yang mahal buanget

Tempat makan pemain bola yang mahal buanget

Setelah itu, gue ke stadium di level 3. Makin mendekati ke bawah..

St James Park level 3

St James Park level 3

Setelah dari level 3, akhirnya gue masuk ke level 0 dan gue pegang rumputnya! Haha norak.. Tapi gue jadi tau kalau rumput lapangan bola itu beda sama rumput asli, rasanya keras dan kayak mainan.

Duduk di kursi pelatih (atau kursi pemain ya?)

Duduk di kursi pelatih (atau kursi pemain ya?)

Setelah itu, ini dia yang menarik. Gue masuk ke tempat mandi dan ganti baju para pemain! Hahahaha.

Tempat ganti baju

Tempat ganti baju

Tempat mandi pemain

Tempat mandi pemain

Ada kursi di tengah itu untuk apa ya

Ada kursi di tengah itu untuk apa ya

Ayo mengencangkan otot kaki dulu

Ayo mengencangkan otot kaki dulu

Dan yang terakhir adalah ke tempat press conference.

Jadi bagaimana skor sementara di musim ini, bung Anin?

Jadi bagaimana skor sementara di musim ini, bung Anin?

Begitulah acara tour gue ke St James Park. Walaupun sama sekali buta soal bola, tapi ternyata seru juga jalan-jalan di dalem stadium. Semoga nanti bisa jalan-jalan ke stadium lain seperti Liverpool, Arsenal, Manchester, dan lainnya.

Howay the lads!

-deguitarra-

One thought on “Howay the Lads!

Leave a Reply

