Welcoming Freshers’ Week of Newcastle University

Alhamdulillah gue selalu diberi kesempatan untuk kuliah di kampus yang nggak melulu belajar, tapi event hip-nya juga banyak. Dulu pas kuliah di ITB, kaget banget pas pertama kali lihat acara wisuda di kampus yang bener-bener niat banget. Acaranya sangat anak muda, dipenuhi dekorasi keren (terutama anak Seni Rupa gila banget emang), dan membuat suasana acara dapet banget plus nggak membosankan sama sekali. Jadi kangen kuliah di ITB, huhu..

Nah sekarang gue mau cerita tentang Newcastle University. Di minggu pertama, kegiatannya adalah registration (ambil smart card, daftar NHS alias dokter gratis, daftar rekening bank, placement test bahasa inggris, dan sebagainya), dan induction (acara seminar dengan berbagai topik yang terserah kita mau masuk kelas yang mana aja, contohnya adalah library service, personal safety, religion in Newcastle, learning in Newcastle, living in Newcastle, career service, visa and immigration, sport centre, student union, dan sebagainya). Selain registration dan induction class, ada acara yang sangat seru dimana acara yang berhubungan dengan ‘social event‘. Acara ini nggak wajb dan biasanya diadakan malam hari di atas jam 5 sore, dengan tujuan untuk berkenalan, dan semuanya diadakan oleh Student Union. Contoh social event ini adalah meet and mingle, Ceilidh (semacam tarian Scotland dan dancing, tapi gue nggak sempet dateng), student union welcome week, dan freshers’ week. Disini, gue bener-bener merasa diperlakukan sebagai raja. Banyak banget event seru yang hip dan semua panitia ramah-ramah, serta banyak memberi informasi dengan cara yang atraktif dan kreatif.

Hiasan di depan gedung student union

Hiasan di depan gedung student union

Spanduk di Student Union

Spanduk di Student Union

Meet and mingle

Meet and mingle

Induction class

Induction class

Freshers' week

Freshers’ week

Membuat jus dengan sepeda

Membuat jus dengan sepeda

Mas-mas ini sedang promosi kegiatan fence

Mas-mas ini sedang promosi kegiatan fence

Kegiatan lain yang sangat gue suka adalah campus tour yang sangat seru! Gue sendiri ikut walking campus tour, city sightseeing bus, st james park tour, dan Northumberland Coast tour. Yang cukup mengesankan adalah st james park (baru kali ini gue masuk ke dalam stadion bola internasional sampe ke bagian tempat mandi dan ganti baju para pemainnya) serta Northumberland Coast (dimana ngelewatin Alnwick Castle, tempat syuting Harry Potter main quidditch).

St James Park

St James Park

City sightseeing by hop on hop off bus

City sightseeing by hop on hop off bus

Selain social event di kampus dari Student Union, banyak juga social event yang diselenggarakan, contohnya adalah meet and mingle di Leazes Terrace (asrama kampus yang gue tempatin). Dan besok Senin bakal ada meet and mingle khusus Leazes Terrace dapur nomor 15, mungkin bakal ada acara masak bareng. Belum lagi ada kumpul ISOC (perkumpulan muslim di Newcastle) dan perkumpulan muslim Indonesia di Newcastle, dimana rencana Oktober nanti gue dateng ke pengajian akbar se-Britania Raya di kota Leicester. Orang disini hobi banget ngadain kumpul keakraban.

Dan yang unik, di setiap acara meet and mingle itu, gue kira selalu ada acaranya. Minimal ada MC kek yang menuntun acara. Kalau disini, cuma dikasih makanan, minuman, dan tempat cozy. Terserah gimana caranya mereka berbaur dan mencari teman baru. Kalau cuma cari makan ya risikonya nggak dapat temen baru. Semuanya terserah kita.

Sedangkan di minggu kedua gue di kampus, acaranya masih induction week tapi sudah mulai mengerucut, yaitu dengan teman sejurusan. Ada pengarahan dari programme director, ketemu personal tutor (dosen wali), international week, dan perkenalan fasilitas kampus. Fasilitas kampus yang paling gue senangi adalah student lounge dimana dengan hanya membayar £10 per tahun, kita dapat membuat teh, kopi, dan susu gratis sepuasnya. Belum lagi di lounge itu tempatnya cozy banget, ada wifi gratis, computer cluster, dan tv.

Begitulah kesan gue di dua minggu ini. Sempet homesick satu hari saat pertama kali masuk asrama tapi alhamdulillah udah sembuh. Doakan semoga kuliah gue berjalan lancar disini, amin!

-deguitarra-

5 thoughts on “Welcoming Freshers’ Week of Newcastle University

  1. nice post🙂 just found ur blog, interesting hehe🙂 nice to meet you. anw cerita dibalik jadi mahasiswi Nexcastle Universitynya dimana yah? penasaran🙂

  2. heii anintya..
    salam kenal, nama gw andika..
    gw kebetulan septmber ini juga mau ke newcastle univ.
    skrang lagi mo nyari dorm untuk disana..

    ini tadi udah baca-baca list akomodasinya, tpi karena opsi nya kelewat banyak, jadinya malah bingung sendiri buat milih🙂
    pengennya nyari yang self-catered, sukur-sukur bisa deket kampus, trus pernah temen yang nyaranin mendingan di kamar pake washbasin juga..apa lu ada saran mengenai tempat yang cocok?oh ya kalo bisa murah :p

    btw itebe angkatan brapa?
    saya 2004..

    • Halo Mas Andika, baru nyadar ternyata mas pernah posting ini hehehe maaf mas baru nyadaarr..
      Alhamdulillah dapet flat seruu rame2 sama Bolangers ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s