Food.

Salah satu hal yang bikin gue penasaran saat jalan-jalan adalah makanan yang dimakan oleh orang di daerah itu. Beruntunglah gue, di Newcastle banyak banget makanan instan untuk vegetarian yang rasanya enak, jadi gue bisa beli tanpa ragu-ragu itu halal atau nggak.

Di Jakarta, kalau laper gue tinggal ngesot ke depan gang cari restoran ayam goreng dan seafood. Kalau pengen ngemil, bisa cari mamang pempek, gorengan, atau martabak. Kalau lagi kere, bisa cari makanan di tenda-tenda. Banyak pilihan. Tapi kalau disini?

Sebagai wanita yang belum bisa masak, gue masih mengandalkan makanan instan, walaupun gue tau itu nggak baik untuk kesehatan. Tapi makanan instan disini bener-bener menggiurkan banget! Harganya murah, tinggal masuk microwave, selesai. Ini dia contoh makanan instan yang banyak dijual di supermarket :

1. Frozen pizza dan pasta

Harga cuma £1, tinggal masuk microwave, siap dimakan dengan asap mengepul.

Astaga. Gue ngetik blog aja sambil nelen ludah.

Uji coba yang sangat gagal. Pizza gosong.

Uji coba yang sangat gagal. Pizza gosong.

2. Makanan instan kalengan

Kalau mau lebih murah lagi dan dimakan bareng nasi, Tesco supermarket menghadirkan berbagai macam makanan kaleng instan vegetarian untuk 2 kali makan dengan harga di bawah £1! Ini dia contohnya.

Punya gue yang rak tengah

Punya gue yang rak tengah

Hasil makanan kaleng yang sudah jadi, dimakan bareng nasi dan telor

Hasil makanan kaleng yang sudah jadi, dimakan bareng nasi dan telor

3. Makan di resto

Kalau lagi banyak duit, boleh kita makan di luar. Ini dia makanan seru yang sudah sempat dicicipin.

Pizza with Norwegian Sauce, beli di Munchies. Harga £7.5. Bisa dimakan berdua.

Meat kebab, beli di Munchies. Harga £4.5. Porsi banyak banget, mending kalau nggak habis dibungkus.

Nasi Lemak dan Bandung Syrup di restoran Rasa Nusantara. Total £5.6. Dapat diskon 10% karena pelajar.

Restoran India, tapi lupa namanya apa dan harganya berapa. Letaknya di daerah Fenham, dekat Stanton Street.

Burger and french fries di Chicken Cottage (junk food halal). Harga hanya £3.69.

4. Nongkrong di coffee shop

Nah! Ini dia surga bagi penikmat kopi macam gue. Coffee shop atau kedai kopi banyak banget dijumpai disini dengan berbagai macam tempat cozy dan wifi gratis. Sebagai cewek yang bercita-cita punya kedai kopi sendiri (amin!), gue sangat gemar nongkrong di coffee shop apalagi kalau tempatnya di udara terbuka. Harga satu cangkir kopi umumnya sekitar £2.2 (paling murah).

Pertama kali nyampe di Newcastle, nongkrong di Starbucks Eldon Square karena belum tau coffee shop yang lain.

Kalau mau ke tempat yang lebih enak di dalam kampus, bisa nongkrong di kafe mc Kenna, Northern Stage. Pemandangan di depannya adalah Student Union (kalau di ITB istilahnya adalah himpunan KM). Oiya, ada sedikit tragedi disini. Di kedatangan gue yang kedua kalinya, gue beli kopi dan dengan seenak jidat memasukkan garam ke dalamnya buanyak banget karena gue kira gula. Hiks sedih banget..

Kalau ini beli di Esquires Coffee, di kota Durham, sembari menunggu hujan reda.

Kalau ini gue cuma beli roti dan sekaleng jeruk di Pret A Manger. Tempatnya enak, berasa nongkrong di tempat terbuka. Tapi beberapa menit kemudian, hujan. Hiks..

5. Cemilan di dorm

Kalau udah masuk ke supermarket, dan dalam keadaan lapar, hasrat membeli cemilan meningkat sekitar 52% (angkanya ngasal). Ini adalah cemilan-cemilan yang membuat gue mengunyah tiap malam. Gawat.

TorTyrrell’s. Ridiculously English Tortilla.

Disini harga coklat tergolong murah, £1 sahaja.

Berbagai macam chips dan sup krim instan (tinggal seduh di gelas)

Iseng-iseng gue beli classic pease pudding ini. Pas dimakan satu sendok, rasanya nggak enak. Dan pas gue liat bungkusnya, ada tulisan family pork butcher, entah itu cuma merk atau mengandung babi. Karena gue nggak boleh makan babi, jadi langsung gue buang pudingnya.

Suka banget beli minuman jus buah atau milkshake, segar untuk pengganti kopi di kala begadang.

Begitulah cerita gue tentang makanan sehari-hari di Newcastle. Karena besok hari Sabtu, gue berencana untuk memasak nasi goreng dengan bumbu instan! *tetep bumbu instan*. Doakan semoga berhasil ya.

Happy cooking,

-deguitarra-

2 thoughts on “Food.

Leave a Reply

