Why Newcastle?

Hidup di Newcastle bagi gue sangat menyenangkan. Kenapa?

1. Nggak susah cari makanan halal disini

Bagi orang muslim, salah satu kendala tinggal di luar negeri adalah susah dalam mencari makan. Disini banyak yang jual makanan halal, terutama di daerah Fenham. Buat yang pengen makan junk food dengan label halal, ada di Chicken Cottage dan King’s Chicken di China Town. Kalau lagi belanja di swalayan, salah satu cara untuk mengenali itu makanan halal atau bukan lihat saja di bungkus makanan yang kita beli ada tulisan ‘suitable for vegetarian‘ atau nggak. Kalau ada, insya Allah halal. Dan di supermarket seperti Iceland, Tesco, dan Poundland banyak makanan yang suitable for vegetarian, bahkan makanan beku seperti frozen pizza, dan makanan-makanan instan lain (yang tinggal dimasak di microwave) banyak juga yang suitable for vegetarian.

Kebab halal

Kebab halal

Vegetarian pizza. Semoga halal

Vegetarian pizza. Semoga halal

2. Biaya hidup cenderung murah dibanding kota lain di UK

Makanan

Banyak yang bilang hidup di UK sangat mahal. Sesampainya disini, ternyata nggak semahal yang gue bayangkan. Kue-kue berkisar £1 sudah dapat ukuran jumbo. Bahkan di Greggs (toko roti), harga roti-rotinya yang bentuknya menggiurkan masih bisa didapat paling murah 65 p. Yang cukup mahal adalah kalau makan di luar, untuk junk food paling murah adalah £2 di McD, tapi nggak mungkin makan junk food terus kan. Untuk makan yang lumayan sehat, minimal £5. Jadi, banyak yang menyarankan mending banyak masak disini. Idealnya, pagi sarapan roti (bisa roti tawar aja, harganya sebungkus £1 bisa untuk beberapa kali makan), siang beli di luar semisal nggak memungkinkan bawa bekal, dan malam masak nasi sendiri di asrama.

Mau masakan melayu? Ada resto Malaysia disini

Mau masakan melayu? Ada resto Malaysia disini

Frozen pizza. Suitable for vegetarian. Hanya 1 pound

Frozen pizza. Suitable for vegetarian. Hanya 1 pound

Junk food halal di Chicken Cottage, hanya 3.69 pound

Junk food halal di Chicken Cottage, hanya 3.69 pound

Tempat tinggal

Umumnya, kampus menyediakan akomodasi kampus yang menyediakan fasilitas lengkap seperti lemari, meja belajar, heater ruangan, tempat tidur beserta sprei dan duvet, internet, laundry, dapur, serta computer cluster. Harga akomodasi juga beragam, berkisar antara £87 per minggu (biasanya untuk yang kamar mandi luar) hingga £110 per minggu (kamar mandi dalam). Kalau mau yang lebih murah, flat bisa jadi pilihan tempat tinggal. Bayangkan saja kalau akomodasi kampus (dorm) ibaratnya kost, sedangkan flat ibaratnya kontrakan. Flat terdiri dari beberapa kamar sehingga kalian bisa sharing untuk bayar per minggunya. Harga sewa flat berkisar £100 per minggu. Namun tidak seperti akomodasi kampus, jika tinggal di flat kalian harus mengurus pembayaran listrik, air, dan gas sendiri.

Gue sendiri tinggal di akomodasi kampus, tepatnya di Leazes Terrace. Asramanya deket banget dengan kampus gue, cuma 5 menit jalan kaki dan berada tepat di sebelah stadion utama Newcastle United (St James Park).

Asrama kampus

Asrama kampus di Leazes Terrace

Tempat tidur di akomodasi kampus, udah lengkap

Tempat tidur di akomodasi kampus, udah lengkap

Meja belajar dan peralatan makan juga disediakan di akomodasi kampus

Meja belajar dan peralatan makan juga disediakan di akomodasi kampus

Dapur di akomodasi kampus, udah komplit beserta peralatan masaknya

Dapur di akomodasi kampus, udah komplit beserta peralatan masaknya

Contoh flat di daerah Stanton Street, Fenham

Contoh flat di daerah Stanton Street, Fenham

Pakaian

Untuk pakaian, kalau mau cari yang lucu dan kualitas bagus serta murah ada di Primark. Baju-baju, sepatu, tas, boot mulai dari £3 saja. Asesoris-asesoris lucu penghias rumah juga mulai dari £1 di toko ini. Tips belanja baju adalah : beli baju summer saat winter, beli baju winter saat summer. Harganya pasti lebih murah!

Pulsa

Untuk pulsa, sebulan sekitar £10-15. Jika mau paket langganan Blackberry, sekitar £5 per bulan. Kalau mau langganan internet untuk android atau iphone, sekitar £3 per bulan untuk 500 MB. Paketnya bermacam-macam, ada yang sebulan £10 dengan bonus internet 500MB,ada yang bonusnya 300 sms, atau bonus telpon internasional 60 menit. Provider telepon di UK yang terkenal adalah O2, orange, vodaphone, lebara, T Mobile, dan 3. Di UK, jika mau beli handphone dapat membelinya di provider tersebut dengan 2 cara : Pay monthly atau pay as you go. Konsep pay monthly : kalian membayar cicilan pulsa dengan biaya tertentu selama 2 tahun, nanti hpnya akan menjadi milik kalian setelah 2 tahun. Konsep pay as you go : beli handphone beserta pulsa perdana langsung cash tanpa cicilan.

Travel

Biaya naik bis di Newcastle cukup mahal, jauh lebih mahal dibanding Jakarta. Satu kali naik bis dengan rute yang dekat saja biayanya adalah £1.4. Kalau mau hemat, bisa beli one day ticket sebesar £3.7, atau mega rider (a week ticket) sebesar £12. Kalau mau lebih murah lagi, bisa naik uni rider yaitu paket bis setahun dengan biaya £245, ada juga yang hanya per term yaitu sekitar £105. Pilihan lain adalah metro untuk ke tempat yang lebih jauh. Untuk keluar kota bisa menggunakan railcard, dapat diskon jika pelajar. Di Newcastle juga ada international airport sehingga memudahkan kita untuk pergi ke negara lain.

3. Banyak tempat yang bisa dikunjungi

Newcastle adalah kota kecil yang damai dimana banyak bangunan kuno serta landmark yang terkenal, seperti the Angel of the North, Millenium Bridge, Tyne River, dan lain-lain. Selain itu, Newcastle juga berada dekat dengan kota lain yang indah seperti Durham dan Northumberland. Jika kalian mengunjungi Durham, jangan lewatkan Durham Cathedral yang merupakan cathedral sangat tua di UK. Jika kalian ke Northumberland, jangan lewatkan Alnwick Castle yang menjadi tempat syuting Harry Potter saat latihan quidditch di tahun pertama. Selain Alnwick Castle, kalian juga harus ke Holy Island dimana ada kastil tua yang bernama Lindisfarne Castle. Selain itu juga terdapat Bamburgh Castle yang merupakan tempat syuting beberapa film.

Durham Cathedral

Durham Cathedral

Graveyard in front of Durham Cathedral

Graveyard in front of Durham Cathedral

Lindisfarne Castle

Lindisfarne Castle

Holy Island. Ada jam-jam tertentu untuk melewatinya supaya air sedang surut.

Holy Island. Ada jam-jam tertentu untuk melewatinya supaya air sedang surut.

Lokasi syuting di Bamburgh Castle

Lokasi syuting di Bamburgh Castle

Bamburgh Castle

Bamburgh Castle

Begitulah opini dari gue yang didapay berdasarkan pengalaman, semoga bermanfaat ya.
Keep calm and come to Newcastle,

-deguitarra-

4 thoughts on “Why Newcastle?

  1. Hai, aku dari Malang. Masih nempuh pendidikan S1 cuma udah semester akhir. Pengen banget bisa lanjut S2 di Newcastle University. Kira-kira di Newcastle ada nggak komunitas dari pelajar Indonesia ? Jadi misal disana minimal ada yang dikenal. Thanks..

  2. Halo🙂. Newcastle adalah salah satu kota yang paling banyak pelajar Indonesia-nya setelah London. Coba kamu search di facebook namanya PPI UK dan PPI Newcastle, itu adalah page perhimpunan pelajar indonesia di Inggris dan di Newcastle. Semoga membantu ya!

  3. Hai … rencana saya mau presessional english di INTO Newcastle. Rencana saya juga akan membawa istri dan 1 anak (3 tahun). Kira akomodasi mana ya yang cocok? apakah ada informasi mengenai fasilitas dan harganya?
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s