Backpacking to Singapore

Hai !

Singapore dan Malaysia adalah negara yang wajib dikunjungi sebagai langkah awal seorang backpacker. Eh nggak wajib juga sih, namun seyogyanya. Karena dari kedua tempat ini bisa dijadikan latihan untuk next trip backpacking. Karena mengikuti asas ini, gue yang masih cupu pun merencakan backpacking ke Malaysia dan Singapore bareng teman-teman kantor saat long weekend 4 hari. Di blog sebelumnya, gue udah nulis tentang perjalanan di Malaysia. Di post ini gue pengen sharing tentang perjalanan selama backpacking di Singapore.

Jadi beginilah itinerary gue :

Kamis siang – malam = Malaysia (nginep di bis yang menuju Singapore)

Jumat pagi – minggu pagi = Singapore

Di post ini akan gue jelaskan secara gamblang mengenai tujuan backpacking gue selama di Singapore.

——————————————————————————————–

Hari pertama.

1. Masjid Al-Gaffar di Bugis

Masjid Al Gaffar

Masjid Al Gaffar

Karena gue dan teman-teman sampai di Singapore di saat masih gelap, yaitu pukul 5 pagi, dan MRT pun belum beroperasi, maka kami berjalan kaki dari Beach Road (tempat turun dari bis) ke Bugis untuk mencari masjid. kenapa cari masjid? Nomer satu alasannya sholat subuh. Nomer 2 tentu saja buat basuh-basuh badan dan ganti baju, secara belum mandi sejak dari Malaysia, hihi. Nomer 3 adalah untuk tidur hahaha.

2. Menuju Hostel Rucksack Inn di China Town

Dari masjid Al-Gaffar, kami menuju stasiun MRT terdekat yang ada di sana menuju MRT China Town. Untung saja pihak hostel udah mengemail mengenai cara-cara menuju hostelnya dengan penjelasan yang sangat runtun. Berasa main running man, gue dan teman-teman sepanjang jalan memegang peta MRT, kertas email petunjuk jalan, dan buku kitab traveling Budi Sulis. Sesampai di hostel, gue langsung disambut ramah sama si empunya hostel, tapi sayangnya kami baru bisa check in pukul 14.00. Jadi gue cuma nitip tas aja disana. Lumayan, mengurangi bawaan. Kami pun berkelana sembari menunggu hingga pukul 14.00.

Welcome to Rucksack Inn

Welcome to Rucksack Inn

3. Marina Bay

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Singapore, karena disana ada gedung tinggi yang atapnya khas membentuk kapal, kalian wajib foto di depannya! Selain itu, di dalam Marina Bay Mall ada Casino. Yah itung-itung buat liat-liat keadaan aja, nggak usah ikut main. Di Marina Bay Mall, gue dan temen-temen gue tertarik untuk masuk ke dalam toko yang menjual berbagai macam jenis coklat, apalagi tokonya unyu sekali layoutnya. Kamipun ngeborong coklat yang harganya nggak murah (besok lagi jangan beli coklat di mall kali ya). Dan itu merupakan keputusan yang bodoh. karena setelah dari Marina Bay, kami masih berjalan-jalan panas banget sehingga coklat kami semuanya meleleh sampe nggak berbentuk dan peyot-peyot. Hiiiksss kembalikan coklat gueeee !!

4. Berburu landmark di Raffles Place dan City Hall

Kalau ke Singapore, wajib hukumnya berfoto di depan landmark terkenal seperti Merlion, Esplanade, dan Raffles Statue. Selain itu, sempatkan juga foto-foto di depan Fullerton Hotel yang megah dan tua serta makan es krim di tengah mataharinya yang sangat menyengat di depan Asian Civilisations Museum.

Merlion

Merlion

Marina Bay

Marina Bay

Esplanade (yang paling kiri)

Esplanade (yang paling kiri)

The Fullerton Hotel

The Fullerton Hotel

a bird on the Raffles Statue

a bird on the Raffles Statue

5. Makan siang di Lau Pa Sat Market

Mau kuliner makanan khas Singapore dan Malaysia? Datang aja ke food market yang tersebar di Singapore, salah satunya adalah Lau Pa Sat Market di daerah Raffles Place. Makanan yang gue coba adalah nasi briyani khas Melayu.

Lau Pa Sat

Lau Pa Sat

6. Sentosa Island

Wajib hukumnya mengunjungi Sentosa Island kalo kalian pergi ke Singapore. Naik MRT turun di Harbour Front, lalu dilanjutkan dengan naik cable car dan sampailah di Sentosa Island! Disini banyak sekali wahana-wahana yang bisa dinaiki dan pertunjukkan yang bisa ditonton. Kemarin gw pengen banget nonton song of the sea, yaitu permainan air mancur dengan lagu dan permainan sinar (mirip dengan the dancing fountain yang ada di GI tapi ini versi besarnya).

Mau nyoba terbang?

Mau nyoba terbang?

Ngintip Song of the Sea dari kejauhan

Ngintip Song of the Sea dari kejauhan

7. Belanja di China Town

Karena hostel gue berada di China Town, jadi sembari gue dan teman-teman kembali ke hostel, gue sempetin beli oleh-oleh disini. Barang lucu-lucu untuk oleh-oleh banyak sekali dengan harga terjangkau, semisal syal 10 SGD dapat 3. Tempat lain yang juga menjual souvenir murah adalah di Mustafa Centre.

Suasana China Town

Suasana China Town

——————————————————————————————————————————————————-

Hari kedua.

Di hari kedua ini, gue dan teman-teman berangkat pagi-pagi setelah sarapan di hostel. Ini dia perjalanan di hari kedua..

1. Universal Studio Singapore

Rasanya nggak afdhol kalau ke Singapore nggak foto di depan globe berputar Universal Studio (dan dipasang di profile picture bbm atau facebook). Jadi pagi itu, gue dan teman-teman menuju Sentosa Island, tepatnya ke Universal Studio SIngapore (USS).

Awalnya, gue berniat untuk masuk ke USS dan sekalian main disana. Tapi berhubung terik mataharinya bikin tangan kayak kecubit, jadi mending kita foto aja depan globe lalu pergi jalan-jalan ke tempat lain. Selain foto,  wajib juga beli aksesoris khas USS yang lucu!

Wajib foto depan ini

Wajib foto depan ini

2. Jurong Bird Park

Setelah itu, gue menuju Jurong Bird Park. Apakah itu? Jurong Bird Park adalah taman dimana di dalamnya terdapat banyak jenis burung, bahkan penguin juga ada.

Penguin

Penguin

Laboratorium penelitian proses telur

Laboratorium penelitian proses telur

Pelikan

Pelikan

Setelah Jurong Bird Park, gue dan teman-teman pergi menuju Orchard Road untuk melihat-lihat keadaan. Setelah itu, kami sightseeing dengan naik double decker bus melihat keadaan kota Singapore yang sangat rapi dan asri. Setelah itu kami pulang ke hostel dan bersiap-siap untuk pulang ke Jakarta besok paginya.

Salam backpacking!

-deguitarra-

2 thoughts on “Backpacking to Singapore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s