The Happiness Project

Malam!

Hari ini gue pengen sharing tentang sesuatu yang udah gue share ke temen-temen kantor selama beberapa hari terakhir ini, hohoho.

Bermula dari, yah, mungkin ini yang disebut gejolak wanita karir muda yang menginjak dewasa, dimana banyak problematika hidup bermunculan, salah satunya adalah seeking of happiness. Gue sedang mengalami masa transisi dimana gue harus hidup mandiri tanpa tergantung dengan orang lain di kota besar dan jauh dari keluarga. Nggak jarang gue merasa galau apalagi kalau udah mulai malem (entah hormon apa yang menyebalkan ini), tapi setelah gue pikir-pikir apa untungnya gue galau. Better you think how to make you become happier. Don’t waste your time thinking about people who do not care about you. Okay, got it.

Dan mulailah gue mencari cara untuk meningkatkan rasa happy. Salah satu sahabat gue di kantor yang bernama Hugo merekomendasikan gue beberapa buku import yang oke tentang mengejar kebahagiaan, dan gue terpincut (halah bahasa gue) sama salah satu buku. Ini dia..

The Happiness Project

The Happiness Project

The Happiness Project berisi tentang kisah nyata seorang wanita muda yang hidup bahagia dengan seorang suami dan 2 orang anak. Dia tinggal di New York dan berkarir sebagai penulis. Dia merasa hidupnya bahagia, namun suatu hari dia tiba-tiba terhenyak bahwa setiap hari dia hanya melakukan hal monoton dan dia ingin mengubahnya supaya hidupnya yang sudah bahagia ini menjadi lebih bahagia. Caranya gimana tuh? Yaitu dengan membuat Happiness Project. Tiap bulan dia menargetkan resolusi-resolusi yang harus dilakukan, tapi ini benar-benar hal-hal simple, misalnya nyanyi-nyanyi kecil di pagi hari, matikan lampu saat tidur, meditasi, lakukan hobi, dan sebagainya. Selain itu, dia juga memberi tema untuk tiap bulan, misalnya Januari temanya adalah vitality, jadi isinya tentang boost energy. Contohnya adalah organize, exercise, sleep earlier, dan sebagainya. Ada juga bulan yang bertema money, work, book, passion, love, dan sebagainya hingga desember nanti akan mencapai happiness itu sendiri. Baca aja pengalaman Mrs. Rubin di bukunya ini supaya menggugah keinginan kita untuk bersemangat mencapai resolusi.

Nah, bagaimana hasil setelah membaca buku ini?

Honestly, gue belom selesai baca (masih sampe bagian bulan February). Tapi gue sudah memulai tahap awal Happiness Project versi gue. Gue belum sampe sedetail Mrs Rubin yang memberi tema tiap bulan, tapi gue sudah menulis apa yang harus dilakukan pada bulan ini. Di bulan Juni ini, gue sudah memulai resolusi untuk merelaksasikan diri, dengan cara :

  1. Impulsif pindah kosan yang better kondisinya
  2. Membedakan sabun yang dipake di pagi hari, malam hari, dan saat bete
  3. Latihan tidur dengan lampu mati
  4. Memperbanyak pakai rok instead of celana (biar feminin gitu, hihihi)
  5. Berniat ganti dokter muka –> masih belom dilakukan
  6. Latihan masak –> baru berhasil masak kentang goreng
  7. Perbanyak baca buku bahasa inggris
  8. Rajin nyalon –> baru saja melakukan creambath strawberry dan daftar jadi member, yuhuuu
  9. Langganan majalah –> yang ini sudah dilakukan sejak januari lalu

Setelah gue pikir-pikir dan sharing bareng temen gue galauers juga, kalau kita membahagiakan diri dengan belanja-belanja atau ngabisin duit ntar tekor juga yaa. Jadi, gue sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak membuat tekor untuk lebih bahagia :

  1. Mengcopy film seri sebanyak-banyaknya untuk ditonton di waktu nganggur
  2. Install games di tab –> contohnya adalah temple run
  3. Menambah hobi. Contoh yang sudah gue lakukan : membuat scrapbook dan menjahit
  4. Jalan-jalan sendirian –> opsi terakhir kalo ga ada temen yang bisa diajak atau lagi pengen sendirian

Begitulah tahap awal dari Happiness Project gue. Masih belom terstruktur dengan baik sih, tapi mungkin bulan depan gue bakal mulai supaya lebih bisa direalisasikan. Dan yang membuat gue senang adalah, gue sudah cerita-cerita ke temen-temen dekat dan juga presentasi tentang Happiness Project di depan temen-temen IPEC (Indonesian Port English Community) dan temen-temen gue mulai tertarik untuk mulai bikin Happiness Project maupun ada yang pinjem dan beli bukunya. Senang!😀

So, how about your own happiness project?

Happy,

-deguitarra-

Leave a Reply

