Hong Kong in one day. Where to go?

Hai!

Saat ini gue ngetik dengan keadaan kesel karena laptop gue yang error dan nggak berhenti mencet angka ‘sembilan’. Untung di sebelah kanan gue udah ada eskrim coklat low fat yang bikin bete hilang, hoho.

Di post ini, gue pengen sharing tentang pengalaman gue waktu jalan-jalan di Hong Kong bulan Mei kemarin. Menurut kitab traveling yang gue bawa karangan Mbak Wenika, ada beberapa tempat di Hong Kong yang wajib untuk didatangi dan akhirnya gue bareng temen-temen yang lain pun kesana dan emang recommended banget!

Btw, gue menghabiskan waktu di Hong Kong selama 3 hari 2 malam tapi waktu efektif buat keliling Hong Kong cuma sehari. Selama 3 malem itu, gue nginep di USA Hostel yang ada di Mirador Mansion, Tsim Tsa Tsui. Tsim Tsa Tsui adalah suatu kawasan di Hong Kong dimana berkumpul hostel-hostel murah ala backpacker dan letaknya strategis banget. Untuk memilih dan membooking hotel, buka aja situs-situs yang menyediakan layanan booking backpacker hostel, seperti hostelbookers.com.

1. Avenue of Stars

One of my most favorite place in Hong Kong! Avenue of Stars terletak di Tsim Tsa Tsui, dan dari hostel gue cuma jalan kaki mengikuti peta jalan. Avenue of Stars adalah tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan berupa gedung-gedung Hong Kong yang menjulang di sisi sungai yang memisahkan kepulauan-kepulauan Hong Kong. Disitu pula banyak patung-patung yang bertema movies.

Avenue of Stars malam hari

Avenue of Stars malam hari

Patung di Avenue of Stars

Patung di Avenue of Stars

Yuhuuu

Yuhuuu

Pose ama Jet Li

Pose ama Jet Li

Kalau jalan-jalan di Avenue of Stars, jangan lupa nikmati juga Symphony of Light, yaitu pertunjukan laser dan cahaya gemerlap dari gedung-gedung tinggi Hongkong di pinggir sungai setiap hari pukul 20.00, gratis!

Sekelebat pertunjukan Symphony of Light

Sekelebat pertunjukan Symphony of Light

Untuk menuju Avenue of Stars, naik MTR turun di Tsim Tsa Tsui exit J dan ikutilah petunjuk di jalan menuju Avenue of Stars.

2. Ngong Ping Village

Ngong Ping Village, yang cara bacanya adalah Ongping Village, merupakan suatu objek wisata dimana disana terdapat patung Budha yang sangat besaaaar dan untuk mencapai kesana harus menaiki tangga yang sangat tinggi.

Untuk menuju Ngong Ping Village, kita dapat menaiki MTR turun di halte Tung Chung exit B. Jalanlah menuju CityGate Outlet dan di sepanjang jalan akan tampak petunjuk menuju Ngong Ping. Setelah itu, kita perlu menaiki cable car menuju kesana. Ada 2 tipe cable car, yaitu cable car biasa dan cable car crystal. Bedanya?

Kalo yang ini cable car biasa :

cable car biasa

cable car biasa – sumber : mykafkeasquelife.blogspot.com

Ini baru cable car yang crystal :

Alasnya tembus pandang, yuhuuuu

Alasnya tembus pandang, yuhuuuu

Setelah menaiki cable car, sampailah kita di Ngong Ping Village. Selain patung Budha, terdapat pula berbagai macam patung lain dan juga suasana pedesaan yang kental.

Pose di pintu masuk desa Ngong Ping

Pose di pintu masuk desa Ngong Ping

Patung Budha Raksasa

Patung Budha Raksasa – patungnya yang di belakang lho ye

Salah satu pemandangan di Ngong Ping VIllage

Salah satu pemandangan di Ngong Ping VIllage

3. Hong Kong Disneyland

Hayo siapa yang nggak kenal tokoh-tokoh Disney? Hong Kong adalah salah satu negara yang memiliki Disneyland di dalamnya, dan kalo nggak salah nih ya, Hong Kong Disneyland adalah Disneyland yang terkecil di dunia. Karena gue cuma punya waktu sehari jalan-jalan di Hong Kong, jadi rasanya sayang kalo dihabiskan waktu untuk main-main di wahana Disneyland. Jadi gue akhirnya cuma foto di depan gerbang doang. Hiks. Tapi walaupun cuma foto di depan doang, gue udah cukup senang kok.

Foto di depan gerbang

Foto di depan gerbang

Untuk menuju Hong Kong Disneyland, kalian bisa naik MTR jurusan Sunny Bay, lalu transit MTR yang khusus ke Disneyland. MTR yang menuju Disneyland bentuknya sangat unik, yaitu jendelanya berbentuk kepala mickey – bahkan gagang pegangan untuk orang berdiri juga bentuknya kepala mickey! Di dalam MTR mickey ini aja aura-aura Disney udah terasa dan cukup membuat bulu kuduk berdiri, misalnya lagu-lagu khas saat peri datang, lagu-lagu orkestra khas OST film Disney, dan sebagainya. Apalagi pas sampe di gerbang depannya, lagu-lagu khas Disney jaman kecil bikin gue merinding mendadak! Duh, gimana kalo masuk sampe dalem ya..

MTR jurusan Disneyland

MTR jurusan Disneyland

Interior di dalam MTR Disneyland

Interior di dalam MTR Disneyland

4. Peak Tram – Madam Tussaud – Sky Terrace

Ketiga objek wisata ini ada di satu lokasi dan ada paket tiket yang menawarkan langsung ketiga objek ini. Ketiga objek wisata ini sangat recommended! mari kita bahas satu-persatu.

a. Peak Tram

Peak Tram adalah kereta yang mengantarkan menuju puncak Hong Kong dimana kita bisa melihat gedung-gedung tinggi Hong Kong yang menakjubkan. Nah, gimana caranya kita bisa sampai di puncak? Peak Tram ini memiliki kemampuan untuk melaju dengan kecuraman 45 derajat hingga ke puncak! Jadi gimana perasaan gue saat naik Peak Tram? Awalnya gue merasa biasa aja, bener-bener nggak terasa kalo lo sedang dalam keadaan naik dengan kemiringan 45 derajat. Tapi lama-lama lo akan merasa kepala lo makin berat ke belakang dan yang paling terasa adalah saat lo menoleh ke luar jendela. Lo akan kaget melihat gedung-gedung di samping lo miring semua.

Peak Tram dilihat dari depan

Peak Tram dilihat dari depan

b. Madam Tussauds

Madam Tussaud adalah pameran patung lilin orang-orang terkenal di dunia sehingga kita bisa puas-puasin foto bareng sama mereka, hihi. Madam Tussaud tersebar di beberapa negara di dunia, di antaranya London, New York, Washington, Amsterdam, Berlin, Shanghai, Bangkok, dan Hong Kong. Mungkin ada beberapa perbedaan artis di antara Madam Tussaud tersebut, misalnya kalo di Hong Kong banyak ditemukan artis dari China.

Ssst lagi kerja bareng Obama ni, yihaaaa

Ssst lagi kerja bareng Obama ni, yihaaaa

Bareng mas Robert Pattinson

Bareng mas Robert Pattinson

Setelah puas foto bareng ama Audrey Hepburn, Johnny Depp, Brad Pitt – Angelina Jolie, Nicole Kidman, Lady Gaga, Madona, The Beatles, dan masih banyak lagi, akhirnya kita ke lantai paling atas di gedung ini dimana kita bisa menikmati pemandangan kota Hong Kong dari puncak! Mari kita sambut, the Sky Terrace.

c. Sky Terrace

Sky Terrace merupakan puncak dari bangunan ini dan kita bisa menikmati kota Hong Kong dari atas.

Pemandangan Hong Kong dari Sky Terrace

Pemandangan Hong Kong dari Sky Terrace

Disini juga ada The Peak I Love You, yaitu suatu tempat dimana kita bisa nulis pesan apapun di kertas berbentuk hati yang udah tersedia. Ntar tulisannya digantung di tempatnya. Hmm.. Kapan lagi nulis pesan buat orang yang kita sayang di puncak Hong Kong? Hehe.

Actually I wrote on that paper also, a-never-delivered-short-message to someone. Guess the wind already blew it and gone forever brought the stories which never came back.

The Peak I Love You

The Peak I Love You

Setelah itu, kembali ke habitat yaitu Tsim Tsa Tsui, tapi kita naik open top bus 15C.

Harus duduk yang di bagian atas

Harus duduk yang di bagian atas

5. Ladies Market

Dan akhirnya sebelum balik ke hostel, kami menyempatkan untuk belanja oleh-oleh di Ladies Market. Disini barang murah-murah dan akhirnya cita-cita gue untuk nemu kaos bertuliskan I’m Lost in Hong Kong tercapai juga, fiuh. Di Ladies Market, banyak juga penjual yang bisa bahasa Indonesia dikit-dikit karena di Hong Kong banyak juga penduduk Indonesia terutama para TKW.

Suasana Ladies Market

Suasana Ladies Market

6. Menyusuri kota Hong Kong di malam hari

Terkadang, waktu yang tepat untuk menyusuri kota adalah di malam hari karena lampu-lampunya yang gemerlap, cuacanya dingin, dan nggak terlalu rame orang.

Prada

Prada

Louis Vuitton

Louis Vuitton

Dior

Dior

Ini lupa di jalan apa namanya

Ini lupa di jalan apa namanya

Begitulah sedikit info jalan-jalan di Hong Kong, siapatau membantu untuk menginspirasi kalian yang rencana mau kesana. Happy traveling and enjoy Hong Kong!

Regards,

-deguitarra-

13 thoughts on “Hong Kong in one day. Where to go?

  1. Mbak, tengkiu banget buat reviewnya, aku juga baca bukunya Wenika Yuda.. gara2 baca buku itu, jadi kepingin juga ke HK.. btw Mbak, cuacanya di bulan Mei gimana ya? aku ada rencana ke sana awal bulan Mei tahun depan.. soalnya baca2 di website kok katanya rawan typhoon ya? mohon bantuannya ya.. Thanks for sharing..🙂

  2. Sama2 Mbak, makasi udah dibaca🙂.
    Kalau aku kemarin kesana awal Mei, kebetulan banget cuacanya enak, tapi cenderung panas. Typhoon kalo ga salah kemarin munculnya masih juli – agustus, mudah2an tahun depan juga bulan2 itu. Mungkin sebelum berangkat ada baiknya cek weather forecast di Hong Kong untuk Mei 2013, mudah2an ada ramalannya yang akurat ya. Maaf kurang banyak membantu hehe

  3. Hi, bermanfaat nih reviewnya. Rencana mau kesana bareng tmn, tp bedua doank.. hehe. Mba lagi itu total pengeluaran habis berapa n pake penerbangan apa kl boleh tau?😀

  4. Dulu saya total stay 3 hari 2 malam.
    Untuk budget seingat saya dulu saya bawa duit HKD 3000 (sekitar Rp 3,7 juta) untuk 3 hari dan itu masih sisa (tidak termasuk tiket pesawat).

    Jadi saya pake budget backpacker yang murah. Untuk nginep di backpacker hostel yang per malam cuma sekitar Rp 200.000,-. Sisanya untuk tiket masuk tempat2 wisata, tiket MRT, tiket ferry ke Macau, makan, dan oleh-oleh.

    Penerbangannya dulu saya pakai Cathay Pasific, tapi saya lupa harganya berapa😀

  5. mbak, thank ya info nya singkat,tapi jelas banget. kita jadi tau itinerary mau kemana aja. saya sudah punya tiket airasia ke HKG bulan juni ini. btw, mau tanya apakah hostel USA cukup bersih untuk ditempati? dan lokasinya strategis kah? berapa harganya ya? kebetulan kami ber-4. mohon jawabannya, thanks ya.

    • Kalau menurut saya pribadi, saya kurang suka dengan hostel USA. Tempatnya sempit dan kamarnya kecil & pengap, beda dengan yang di webnya. Tapi memang harganya murah dan strategis banget tempatnya. Kalau mau lihat pilihan hostel2 lain, bisa dilihat fasilitas dan harganya di http://www.hostelbookers.com

  6. wah,,seru bget mbak anintya,jln2 ke hk,,kebetulan sya juga memiliki buku travelling karangan mbak wenika ntr sy jg akan cb berpergian hk ,,tpi kali ini sya sy trip bareng ma mbk wenika,,,moga2 lancar,,,

  7. Nice info sist.. klo mnrt km klo ke hk-macau enakan pegi sndiri or tour sist? Rencana aku prgi sndiri nih ga pake tour. Nekat2an sm tmn be 2.. mdh2an ga nyasar.. hehe.. oya nanya donk tiket ferry ke macau pp brpa yah kira2? Trs hotel jg lom dpt nih.. :(( .. aku plan pegi 11 mei bsk..🙂

  8. Mbak, saya berencana ke HK Agustus nanti 4D 3N, cuma hari pertama nyampai HK udah jam 8 malem.
    Pingin tanya2 langsung bisa PM engga Mbak? Saya nginep juga di Tsim TaTsui soalnya.
    Thanks Mbak.

    • Sist Lanny nginep d hotel or hostel? Info2 donk.. soale aku lg nyari2 hotel or hostel neh lom ktemu.. msh bingung. Pgn yg murah n bersih n dkt sm MTR.. thx

  9. haii,,,,Anin, mau nanya dong, yg ulasan ke peak tram-madame tussaud-sky teracce ga ada cara naik mrt nya ya? mohon infonya ya…makasih, oiya sama harga2 tiketnya kalo msh inget :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s