Dongmen & Luohu Shopping Centre

1. Dongmen Shopping Centre

Mau cari baju, sepatu, tas yang murah dengan berbagai jenis rupa di Shenzhen? Dongmen adalah tempat yang kalian cari. Dongmen adalah sebuah pusat perbelanjaan yang ramai manusia, terletak strategis di tengah kota, mungkin mirip dengan Mangga Dua di Jakarta tapi areanya jauh lebih luas.

Suasana di Dongmen

Suasana di Dongmen

Dongmen bagian dalam

Dongmen bagian dalam

Dongmen malam hari

Dongmen malam hari

Cara untuk mencapai kesana adalah  dengan naik Metro Shenzhen, berhenti di stasiun Lao Jie, exit C. Karena apartemen gue ada di Yantian, tepatnya di Shatoujiao, jadi gue cukup naik bis 103 untuk ke Dongmen berhenti di halte Dongmen 1.

Katanya sih, semakin malam harga barang-barangnya semakin murah. Tapi mending siang aja deh, karena makin malem berarti makin rawan juga, harus ekstra hati-hati menjaga barang berharga yang dibawa.

Dongmen sangat luas, jadi sebaiknya jangan pergi sendirian dan jangan berpencar karena kalau kesasar agak nggak lucu juga disini. Di Dongmen, gue beli oleh-oleh segunung berupa tas, rok, sumpit-sumpit khas China, jam kecil, dan sepatu. Yang penting harus pinter nawar dan hati-hati dengan barang bawaan.

2. Luo Hu Commercial Centre

Tempat belanja selain Dongmen di Shenzhen adalah Luohu Commercial Centre. Sebenernya ini mirip sama Dongmen, tapi bedanya adalah di Luohu ini area penjualannya di dalam gedung semua, berbeda dengan Dongmen dimana banyak penjual di luar gedung dan ada pula di dalam gedung. Selain itu, barang-barang di Luohu (menurut gue) lebih mahal dibanding di Dongmen, tapi kualitasnya memang lebih bagus. Dan di Luohu ini barang-barang yang dijual juga bukan baju tas aja tapi juga banyak souvenir khas China untuk oleh-oleh. Maklum, tempatnya ada di perbatasan China dan Hong Kong jadi pasti banyak turis berlalu lalang disini.

Luohu tampak depan

Luo Hu tampak depan

Luo Hu !

Luo Hu !

Luo Hu bagian dalam

Luo Hu bagian dalam

Di Luo Hu jangan heran kalo ketemu sama penjual yang jago bahasa Indonesia, seperti yang gue alami di suatu toko tas di Luohu.

Gue :Tiw, jangan beli di toko ini. Mahal.. Barangnya ga terlalu bagus pula.

Penjual : Ini mulah-mulah for you laaaaah!!

*tegang*

Di Luohu, gue berhasil dapet tas yang awalnya dihargain 260 RMB oleh sang penjual, dan akhirnya bisa gue beli dengan harga 45 RMB sahaja. Horeee! Selain tas, gue berhasil mendapatkan berbagai macam souvenir khas China seperti kipas yang dipajang, piring-piringan, dan sebagainya.

Begitulah kisah perbelanjaan gue selama di Shenzhen. Yang penting lo harus nggak sungkan-sungkan nawar barang dengan harga yang jauh lebih murah.

Happy shopping!

-deguitarra-

2 thoughts on “Dongmen & Luohu Shopping Centre

  1. Kemarin waktu ke Dongmen dan Luohu saya cuma beli tas dan baju murah aja, itu sekitar 20 – 50 RMB. Kalau seouvenir, saya beli dari online shop namanya Tao Bao. Tapi sayangnya, hurufnya China semua, jadi kemarin saya dibantuin teman kantor utnuk order.🙂

Leave a Reply

