Splendid China & China Folks Culture

Splendid China & China Folks Culture merupakan salah satu tempat di Shenzhen yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Miniatur bangunan-bangunan di China, nuansa pedesaan China jaman dulu, China town dengan banyak lampion, berbagai macam pertunjukan kebudayaan China, hingga banyak toko souvenir ada disini.

Gerbang depan Splendid China

Gerbang depan Splendid China

Cara menuju ke Splendid China adalah dengan naik Metro Shenzhen (sebutan kereta bawah tanah di Shenzhen), berhenti di OCT (Overseas China Town), exit pintu D. Sebelum naik Metro Shenzhen, pastikan kalian udah punya kartu elektriknya. Cara mendapatkan kartu itu adalah dengan membeli di customer service yang ada di stasiun Metro Shenzhen, dengan membayar 100 RMB per orang kita dapat kartu elektrik berisi deposit tiket sebanyak 80 RMB. Kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar bis umum, jadi nggak perlu deh bayar pake uang receh lagi. Selain itu kalo isinya udah abis bisa disimpan untuk kenang-kenangan.

Setelah keluar dari exit D, kalian bakal langsung nemu suatu area mencolok warna merah, itulah Splendid China. Di dalam area ini terdapat 2 bagian, yaitu Splendid China dan China Folks Culture. Splendid China kebanyakan berisi mengenai Oiya, ini adalah tips dari gue :

1.)    Untuk memutar area ini diperlukan waktu seharian! Kalo bisa datenglah pas area ini dibuka, yaitu pukul 9.00. Gue dateng setelah ngantor setengah hari di hari Sabtu, setelah makan, setelah nyasar-nyasar, dan baru sampe sana sekitar jam 3. Walhasil, jam 7 malem gue baru selesai ngiterin China Folks Culture dan nonton pertunjukkan berkuda jaman kekaisaran China walau cuma 1 detik (gue dateng, penonton bubar). Walaupun tutupnya jam 20.30, tapi jam 7 malem udah banyak area yang ditutup karena terlalu gelap dan juga mobil kecil yang bisa ditumpangin keliling-keliling udah nggak beroperasi (paling malam jam 18.00).

2.)    Pakailah sepatu senyaman mungkin. Kemaren sepatu sneakers gue sayang sekali sedang basah, jadi gue terpaksa pake sepatu kantor flat yang lumayan bikin lecet. Sepatu sneakers dapat meningkatkan mood buat jalan dan foto-foto sekitar 53%.

3.)    Bawa payung. Kalau hujan, itu berarti hari apes bagi anda karena Splendid China kurang bisa dinikmati di hari hujan.

4.)    Tawarlah harga souvenir sebelum dibeli, biasanya tawar setengahnya. Di Splendid China, gue beli bando Putri Huan Zhu untuk foto-foto, berbagai macam pajangan-pajangan magnet kulkas, dan gantungan china.

Setelah membayar tiket masuk sebesar 130 RMB, gue dan teman-teman masuk ke dalam area. Gue memasuki area China Folks Culture terlebih dahulu karena sepintas lebih bagus, banyak pedesaan jaman China, air terjun, jembatan dengan sungainya yang jernih, pedesaan korea, patung raksasa Dewi tangan seribu, dan sebagainya. Tapi sayangnya gue malah nggak sempet masuk ke Splendid China karena area udah ditutup.  Area Splendid China adalah miniatur bangunan China, yang terkenal adalah miniature Great Wall, Forbidden City , dan Taman Hongkong.

Di depan Istana Kaisar

Di depan Istana Kaisar

Pertunjukkan Kuda Kekaisaran

Pertunjukkan Kuda Kekaisaran

Di dalam rumah tradisional penduduk China

Di dalam rumah tradisional penduduk China

Di depan patung Dewi Tangan Seribu

Di depan patung Dewi Tangan Seribu

Hormat ala Korea di dalem rumah Korea

Hormat ala Korea di dalem rumah Korea

Lampion

Lampion

Foto bareng topeng khas China

Foto bareng topeng khas China

Begitulah pengalaman gue selama di Splendid China & China Folks Culture. Moga-moga cukup bermanfaat walaupun cuma sedikit info yang bisa gue share.

Happy traveling,

-deguitarra-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s