Twitter and its little thingy

Pagi !

Sebelom gw nulis, gw mau tanya dulu.

Siapa yang belum bikin twitter?

Atau siapa yang nggak tau twitter?

you are what you tweet

you are what you tweet

Gw yakin, mayoritas anak muda sekarang pasti tau twitter dan bahkan punya twitter dengan tujuan masing-masing. Ada yang tujuannya buat biar exist. Ciri-ciri dari tipe yang ini mungkin hobi pasang status : “Hedon malem minggu di GI with my lovely geng @si_manyieZt @si_k3Ren @si_okeh_beud @si_alan

Atau mungkin juga tujuannya adalah sebagai media penyalur hati yang galau. Sebagai anak muda generasi galau, kita semua menyadari media yang dapat dijadikan sebagai penyalur kegalauan. Misalkan isi tweetnya adalah “Masa lalu harus kita lupakan🙂. Masih banyak ikan di laut😉

Bisa juga tujuannya buat pacaran. Tipe orang ini akan mengisi twitternya dengan tweet2 seperti ini : “Mana nih my @pacarnya_mimieN ? Sejam terakhir nggak ada kabar😦” atau “i love you more and more @pacarnya_mimieN, mmuaaaah mmuuuuaaaaaaaaaah!

Ada juga yang untuk mendapatkan info. Dia jarang ngetweet, tapi bisa dapet info dari orang-orang yang dia follow (seperti kompas, detikcom, dan sebagainya) atau untuk nge-stalking gebetannya.

Ada juga yang untuk promosi. Mungkin dia nggak jarang ngetweet tentang usaha sandal jepit yang dibuatnya. Misal “hari ini promosi sandal jepit. Beli 2 buah, dapet 3 buah. Buah lho ya, bukan pasang.”. Btw, kegiatan promosi lewat twitter ini disebut juga twitter branded / promotional posting. (Correct me if I’m wrong).

Selain twitter pribadi milik seseorang, banyak juga akun gentayangan. Apa itu akun gentayangan? Sebenernya itu cuma istilah yang gw pake buat orang-orang yang bikin akun dengan tujuan cuma untuk nyamber orang. Sebagai contoh, gw pernah ni ngetweet :

“Heuh internet lemot banget sih. Mau upload foto segede upil aja lama banget!”

Terus temen gw pun ada yang ngereply dengan jawaban :

“upil lo gede kali nin”

Lagi asik ngomongin upil, tau-tau kami diretweet sama akun twitter yang namanya kalo ga salah @kingdom_of_upil dan doi nulis : hidup ngupil !

Gw juga pernah ngetweet sesuatu yang berhubungan sama moral gitu, dibales sama @guruPPKN. Pernah juga lagi ngobrol sama temen gw tentang ampas, tau-tau disamber sama @ampas_indah yang gambar profile picture di twitternya adalah lubang WC. Akun-akun gentayangan itu banyak banget jumlahnya, ada @doa_sahabat lah, ada @jurukunci lah, dan lain-lain gw lupa nama persisnya apa. Sampe kadang gw tegang mau ngetweet apa ntar ada yang nyamber. Zaman sekarang bukan cuma petir doang yang bisa nyamber. Akun twitter juga bisa.

Ada juga akun twitter yang nggak nyamber, tapi hanya dengan ngetweet, dia bisa menghasilkan follower hingga seratusribuan. Gw sebut dengan akun kreatif. Contohnya adalah @poconggg yang suka ngetweet kegiatan yang dilakukan pocong tapi malah bikin kita ngakak, @RadioGalauFM yang suka nyindirin orang-orang galau, dan berbagai macam quotes seperti @damnitstrue, @ihatequotes, @pepatah dan lain-lainnya yang bisa bikin motivasi.

Ada juga akun twitter yang menyediakan info yang sangat bermanfaat. Biasanya akun ini memang dikelola secara resmi dan mungkin memang ada bisnis dan kewajiban disitu, seperti @infobdg, @Adadiskon, @infojakarta, dan sebagainya.

Nah sekarang gw mau ngebahas tentang akun gentayangan dan akun kreatif di atas. Ternyata banyak juga ya orang yang kreatif dan mau meluangkan waktunya buat ngetweet sesuatu yang walaupun nggak terlalu ada manfaatnya setidaknya bisa buat hiburan atau untuk penyemangat, hehe. Sebenernya orang macam apa sih yang mau meluangkan waktunya untuk ngetweet sekedar untuk menghibur untuk orang lain? Bahkan si poconggg ini nggak menyebarkan identitas dirinya. Jadi tujuannya dia adalah bukan untuk mengeksiskan diri. Mungkin itu jadi kepuasan diri ya bisa punya akun kreatif yang difollow ama orang banyak gara2 tweetnya yang unik..

Kebetulan gw lagi baca buku berjudul Tipping Point, dimana hal-hal kecil berhasil membuat perubahan besar. Kalo di dalam buku ini, salah satu contohnya adalah merk Hush Puppies. Dulu merk itu bisa dibilang mati gara-gara pendapatannya yang berkurang hingga 30.000 tiap tahun. Hingga suatu saat tiba-tiba Hush Puppies digandrungi oleh para hipster di Manhattan dan sejak saat itu Hush Puppies langsung menyebar dan bisa exist sampe sekarang. Kalo gw liat di jaman sekarang, mungkin itu berlaku untuk Blackberry yang menyebar kemana-mana atau eskrim Magnum yang bisa mendadak dangdut laku kayak saat ini.

Tipping Point karya Malcolm Gladwell

Tipping Point karya Malcolm Gladwell

Ternyata penyebaran-penyebaran itu disebabkan oleh andil dari para orang bertipe connector, maven, atau sales. Jadi sebenernya, ada 3 tipe orang yang berbakat dalam hal penyebaran sesuatu. Connector adalah orang yang punya keahlian menyebarkan suatu info kepada orang lain secara serentak karena mereka punya banyak teman dan senang bergaul. Maven adalah seseorang yang cerdik berwawasan luas dan gemar memberitau ke orang lain, tapi bukan dengan maksud mengajak atau promosi. Tapi orang yang mendengarkan seorang maven menjelaskan, biasanya akan terpengaruh dan menuruti omongan maven tersebut. Sebenarnya gw belum selesai baca, jadi belom sampe penjelasan tentang sales.

Nah sekarang gw penasaran, apakah ada kaitan antara akun twitter kreatif itu dengan para connector, maven, atau sales ini? Apakah orang-orang yang punya akun kreatif itu memang salah satu dari 3 tipe orang itu? Hmm mungkin kita bisa semedi dulu untuk mendapatkan jawabannya.

Salam,

deguitarra

deguitarra

 

 

 

 

 

 

 

*ps : mohon maaf apabila ada kesamaan nama akun twitter yang disebutkan di atas

 

5 thoughts on “Twitter and its little thingy

  1. Itu dipaksa-paksain nyambung-nyambungin nai! Buahahahahhahahaa..
    Eh kemaren gw udah search lo tapi ga nemu, yustisia nio kan nama lo?
    Bukan “hitam manis” kan? #eh
    *ditabok*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s