Suatu hari di Singkawang

Aloha!

Ini sebenernya post basi banget sekitar 4 bulan yang lalu yang belom sempet gw post. Gara2 gw nambahin kategori “Traveling” di blog ini, gw pun jadi keinget kalo gw pernah punya pengalamn seru di Singkawang, Kalimantan Barat. Jadi beginilah cerita petualangan gw di Singkawang..

Jadi pada bulan Februari lalu, gw tinggal di Pontianak selama sebulan. Dan yang bikin gw seneng adalah, pas gw disana, pas banget dengan perayaan orang-orang Pontianakn yang mayoritas adalah Konghucu, yaitu hari raya Imlek. Acara malam imlek kayak takbiran kalo di hari lebaran. Jedar jedor disana sini, lampion dipasang di sepanjang penjuru pontianak, dan yang bikin gw seneng adalah perayaan malam imlek yang seru banget dengan arak-arakan barongsai raksasa melewati kota Pontianak dan akan diarak terus hingga Singkawang! Singkawang adalah sebuah kota di Kalimantan Barat, ditempuh selama sekitar 3 jam dari Pontianak. Nah, konon katanya nih, barongsai raksasa itu wajib dihanyutkan di pantai yang ada di Singkawang (gw lupa alasannya kenapa). Jadi, Singkawang itu adalah pusat perayaan imlek, disana itu semacam China Town – nya Pontianak (begitu kata penduduk disini). Apalagi pas perayaan Cap Go Meh (seminggu setelah imlek), dijamin rame tuh di Singkawang! Gw pun penasaran parah (pake ‘parah’ lho ya) pengen tau keadaan imlek di Singkawang kayak gimana. Dan keberuntungan pun berpihak pada gw! Ada pegawai yang nikah di hari Sabtu dan bertempat di… SINGKAWANG !!! ALHAMDULILLAH Singkawang I’m coming !!!!

Tapi tunggu dulu! Karena sistem kerja gw shift-shiftan, hari Sabtu belum tentu gw libur. Dan ternyata hari Sabtu itu gw shift 3 (masuk jam 12 malem sampe jam 7 pagi). Jadi kalo paginya ke Singkawang, gw sempet kerja malemnya walaupun dalam keadaan hampir semaput gara2 capek. Dan beginilah kira-kira kejadian di Singkawang..

Ini dia letak Singkawang di sebelah utara Pontianak

Ini dia letak Singkawang di sebelah utara Pontianak

Gara-gara sistem shift, jadi ada temen gw yang nggak ikut gara2 lagi kena shift 1 atau 2. Jadi yang berangkat ke Singkawang cuma gw, Vonny, dan Hugo. Tapi anak OJT lain yang gw kenal di Pontianak banyak yang ikut, seperti Hana R, Hana S, Ina, Tono, Mahesa, Syarif, Teguh, dan lain-lain. Sesampainya disana, kami pun ke nikahan pegawai walaupun nggak kenal. Tapi bukan ini inti ceritanya..

Sesampai di Singkawang, ekspresi muka gw adalah terperangah liat pemandangan kanan-kiri (lebay). Jadi disana banyak banget ornamen menyambut hari raya imlek yang meriah banget, seperti lampion dan hiasan cina lainnya.

Salah satu nuansa Singkawang

Salah satu nuansa Singkawang

Setelah selesai dari nikahan pak pegawai, tiba2 atasan gw yang gw dll tebengin ngajakin ke Pantai Pasir Panjang, horeeeeeee!! Disana pantainya emang terkenal bagus, pasirnya masih putih. Disana gw puas banget foto-foto dan ngeliat ada benda besar ngapung di laut, yang ternyata adalah barongsai raksasa itu. Oiya, disana sempet ada kejadian yang menyebalkan. Pas gw lagi menyusuri bebatuan licin di pinggir pantai sembari melihat pemandangan lautan lepas (bayangkan ada backsound lagu unyu-unyu ya), tiba-tiba temen gw yang usilnya paling cacad sedunia ngedorong gw sehingga bikin gw jatoh di pantai sampe terduduk! Gwnya sih nggak kenapa2, tapi gw langsung kepikir kamera yang ada di kantor celana kiri gw dan Blackberry yang ada di kantong kanan gw! Babski!!!! Dan celana yang bakal gw pake buat kerja shift 3 juga basah kuyup nggak karuan. Aneh bin ajaib, kamera dan BB gw nggak rusak sama sekali. Yihaaa !!

Pose dulu di Pantai Pasir Panjang

Pose dulu di Pantai Pasir Panjang

 

Foto di atas batu terjal yang manjatnya dengan penuh perjuangan

Foto di atas batu terjal yang manjatnya dengan penuh perjuangan

Pulangnya dari pantai, kami mampir dulu makan di tempat makan yang cuma buka malem2 (namanya gw lupa). Disana gw makan sate pontianak dan teh es. Setelah itu lanjut pulang ke pelabuhan dan magabut di shift 3 dengan keadaan mau semaput ditambah celana basah kuyup.

Oke, begitulah perjalanan gw selama di Singkawang. Semoga selanjutnya ada perjalanan2 gw yang makin seru, amiiin🙂

 

Salam Gong Xi Fat Choi,

-deguitarra-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s