Petaka Gajahmada

Malam!

Petaka malam ini bermula dari ajakan Hugo : “Eh ntar malem jalan2 ke Gajahmada yuk, katanya disana banyak makanan khas. Gw mau makan pisgor Pontianak pake srikaya”. Akhirnya, gw pun mengajak Fifi dan Miftah untuk ikut serta (Vonny sayang sekali lagi daoet shift kerja, jadi nggak bisa ikut). Tapi karena Fifi lagi didatengin ibunya, jadilah cuma Miftah yang ikut. Jadi intinya, jam 4 sore kami bertiga janjian di kantor buat ke Gajahmada cari makanan.

Tapi gara2 HP si Hugo ketinggalan di kosan, jadilah dia pulang dulu ambil HP ke kosan. Sambil nungguin Hugo ambil HPnya, gw ke Natasha dan Miftah (yang lagi ngidam berat KFC) pergi ke Mega Mal. Pokoknya intinya, kami bertiga janjian lagi di kantor jam 5.

Karena kemoloran, kami bertiga baru berangkat ke Gajahmada pukul 17.30, dengan naik oplet merah, ganti oplet abu-abu.
Sesampai disana, kami sumringah. Ternyata tu tempat kalo malem pada gelar kursi, jadi banyaak banget rumah makan outdoor gitu. Mungkin kayak versi jeleknya jalan Braga di Bandung. Kalo hujan, mungkin langsung bubar ni pengunjungnya. Dan lagi pemandangan di jalan ini banyak banget lampion2, kayaknya sih untuk menyambut Cap Go Meh besok selasa. Saking banyaknya pilihan makanan, gw bertiga jadi bingung mau makan dimana. Ditambah lagi dengan pertengkaran Miftah dan Hugo yang membuat gw tambah bingung sahaja. Beginilah sebagai contohnya seperti ini:

Gw        : Eh itu ada nasi kari Ang Pyo ! Coba yuk kayaknya lucu..
Miftah : Kok aneh ya, jangan2 nggak halal.. Eh btw kita belom sholat maghrib lho teman2..
Hugo   : Heeu.. Ngapain sih sholat? Ntar aja.. Lo ntar bikin aja deh laporan judulnya “membangun dermaga dengan  iman”. Heuu!!
Miftah  : Eh nanti kalo gw bikin dermaga dengan iman, kalo banjir, lo yang paling pertama mati !!
Gw         : (hanya diam dan menyimak)

Jam udah pukul 18.15. Padahal gw janjian ama Vonny di kantor buat ketemuan ama tukang ojeg yang bakal jemput kita di shift malem. Gw udah setengah panik ni takut telat janjian ama Vonny.

Gw        : Eh eh, kayaknya gw nggak bisa ikutan makan deh, gw janjian ama Vonny jam setengah 7 nih..

Miftah : Eh lagian kita belom sholat nih. Ayo cari mesjid ah yuk!

Hugo   : Heuu..

Akhirnya kami bertiga cuma jajan-jajan kecil aja. Gw ama Miftah nggak nemu makanan yang seru, tapi Hugo ngeborong 3 minuman sampe kembung, yaitu Tau Swan, Sari Kacang, dan Lemon Tea.

Monster

Monster

1. Tau Swan

 

Tau Swan adalah minuman dari kacang hijau setengah matang, dengan kuah lengket kental, dan atasnya diberi biskuit dengan bentuk mirip makaroni. Pertama kali gw coba, komentar gw adalah : “hmm rasanya lucu..” (sembari mencari tong sampah).

Tau Swan

Tau Swan

2. Sari Kacang

Sari kacang ini enak! Kalo dari jauh kayak jus alpukat, tapi ternyata minuman ini adalah sari kacang ijo yang diberi santan, dll (dan lainnya lupa), pokoknya jadi kental kental manis gitu.

Sari Kacang

Sari Kacang

Dan di tengah-tengah kami jalan kaki menyusuri jalan Gajahmada di malam hari, tiba2 Miftah teriak karena ini :

Nggak ada hujan nggak ada ojyeg, tangan Miftah kejatuhan tai burung

Nggak ada hujan nggak ada ojyeg, tangan Miftah kejatuhan tai burung

Dan gw baru teringat sesuatu. Angkot di tengah kota Pontianak udah susah ditemuin di atas jam 6 sore. Gw makin panik nggak nemuin angkot buat balik ke kantor.

Gw        : EH TEMAN, NI GIMANA BALIKNYA UDAH NGGAK ADA ANGKOT??!!

Miftah : Astaga ini mesjid, dimana sih mesjiid??

Hugo   : Eh itu makanannya kayaknya enak deh.. Heuu..

Atas tiga perbedaan visi itu, akhirnya ustad Miftah pun menang. Gw bertiga keliling cari masjid di antara wihara2 di jalan Gajahmada. Akhirnya, kami nemu masjid tapi di jalan H.Agus Salim yang makin menjauh.

*Setelah sholat*

Kamipun tanya ke seorang satpam yang lagi sholat disana. Ternyata kata satpam : “Ooh pelabuhan mah tinggal lurus kesana aja nyampe..

*Dan ternyata mungkin  lanjutan perkataan satpam itu seperti ini : ..kalo naik mobil.”

Setelah satpam bilang kalo pelabuhan tinggal lurus, kami bertiga pun jalan kaki.

*Sekilo kemudian..*

Miftah  : OH ! Ini kan jalan yang tadi kita lewatin nin! Ini mah tinggal dikit lagi ni ke pelabuhan!

Gw         : Bener mift? Tuh mumpung banyak angkot merah arah pelabuhan lewat..

Miftah  : Nggak usaah.. Jalan aja yuuk deket..

 

*sekilo kemudian*

Miftah : Oh, iya ini mah tadi lewat.. Sip siip..

Gw : (diam)

 

*Dua kilo kemudian*

Miftah : Kok nggak nyampe-nyampe ya..

Gw : (Hosh..hosh..)

 

*Tiga kilo kemudian*

Miftah : JAUH JUGA TERNYATAAAAA

Gw        : (rupa kayak gembel) (siap2 dorong miftah ke sungai kapuas)

Miftah : Makan dulu yuk, di Somay Bandung aja..

 

Akhirnya gw bertiga pun makan mie bakso di somay Bandung. Tadinya, gw membayangkan makan makanan khas di jalan Gajahmada. Setelah makan, gw lari ke angkot merah ke arah kosan. Mereka berdua tetap bersemangat jalan kaki ke kosan mereka dekat pelabuhan.

Walaupun kaki udah kayak digandolin setrika, tapi gw senang! Gw berhasil jalan menyusuri kota Pontianak di malam hari. Dan gw pengen kapan-kapan dateng lagi ke jalan Gajahmada dan makan makanan khas disana.

Salam capek,

 

-deguitarra-

 

Leave a Reply

