Welcome to Pontianak !

Halooo !

Bulan Februari 2011 ini gw ditugaskan ke Kalimantan Barat, tepatnya ke Pontianak, untuk program OJT (On the Job Training).  Gw yang baru pulang dari Lido hari Sabtu, dan membayangkan jalan-jalan di Jakarta, rasanya mau pengsan pas tau hari senin disuruh ke Pontianak. Huaaaaaaaa..

Akhirnya brangkatlah gw ke Pontianak dengan temen2 seperjuangan gw (Fian, Vonny, Hugo, Miftah) jam 10.15 naik Garuda. Sesampai di bandara Supadio, jam 11.30, gw pun foto-foto norak disitu. Astaga! Gw di Kalimantaaan!!

Foto2 awan

Bandara Supadio Pontianak

Sesampai disana, gw berlima dijemput sama bapak-bapak SDM Pelindo II cabang Pontianak dan makan makanan Padang. Setelah itu, kami dianter ke kantor. Dan gw terperangah.

Kalo gw bilang kantor yang di cabang Priuk itu **tut, gw bilang yang disini maha **tut. Walaupun gitu, tapi semua orangnya keliatan sedang ngerjain sesuatu, nggak ada orang yang ditemuin lagi tidur2an sebagaimana banyak gw temuin di Priuk. Disana gw kaget setelah manager SDM nya bilang :

“Kalian nanti kerja berdasarkan shift ya. Kalo dapet shift 3 ya dari jam 12 malem sampe jam 8 pagi. Kalo masalah transport, bisa sewa motor. Sabtu Minggu tetap masuk. Nanti tanggal 25 februari presentasi laporan kelompok dan individu. Oh iya sekaligus kumpulkan modul. Kami nggak akan menerima keluhan ya.”

Rasanya gw pengen renang menyebrangi Laut Natuna saat itu juga.

Dan akhirnya sampailah kami ke kosan. Oiya, kalo di Pontianak, agama kuat banget. Jadi disini jarang ada kosan cewek yang digabung sama cowok. Kalo ada orang ketauan berbuat perbuatan nggak senonoh, bisa diarak sekampung. Jadi, gw vonny dan ketiga lelaki itu pisah kosannya. Gw vonny di Bali Indah (Jeruju), sedangkan ketiga cowok di suatu daerah yang bernama..umm..Penjara.

Sampai disana, gw disambut ibu kosan yang ramah, beliau bersuku bangsa China. Di kosan gw ada 5 kamar dan 3 diantaranya udah diisi sama anak yang OJT dari D3.

Kosan dilihat dari depan

Keesokan harinya di kantor, gw bertemu anak-anak cowok yang nampak lesu. Ada apa gerangan?

“Kita nggak betah di kosan. Lampu redup, suasana nggak enak, terus katanya di kamar Hugo ada penunggunya.”

Hening.

Akhirnya, setelah ngeyel2an sama bapak SDM, mereka pun diizinin pindah ke kosan lain. Sepulang kantor, gw berlima pun nyari kosan kemana-mana, dan akhirnya nemu kosan dengan ibu kosan yang ramaaaaah banget di deket kantor. Walaupun kalo kesana harus lewat kuburan dulu, JRENG..

Disini, gw berlima selama 3 hari keliling divisi untuk diceramahin para manager, apa aja jobdesc mereka disana. Lumayan, tiap dateng ke divisi selalu disuguhin pisgor Pontianak. Setelah 3 hari itu, gw dan temen2 memulai kerja dengan shift di TPK (Terminal Peti Kemas). Huaaaa…

Oiya, untungnya disini masih dikasih libur Imlek. Pas libur, gw dan temen2 jalan2 menyusuri Pontianak. yang sedang rame petasan perayaan imlek. Petasannya nggak sante banget deh, engkoh!

Rencananya, gw berlima mau ke tugu khatulistiwa, istana kesultanan, museum Kalbar, makan ikan dan bubur Padas, Mega Mall, sama PSP (pusat oleh-oleh). Tapi gara2 angkot yang minim (atau lagi ngerayain imlek?), kami cuma sempet ke Tugu Khatulistiwa, Mega Mall, sama Museum Kalbar. Hiks hikkksss.. Awalnya para cowok males banget diajak ke museum. Tapi berkat kegigihan gw dan tampang malu-malu kuda Vonny, akhirnya mereka ngalah nganterin kami foto-foto nggak penting di museum. Dan sesampai disana, museum TUTUP! Tapi untungnya di luar museum banyak objek yang bisa difoto, walaupun sesampai disana HUJAN DERAS! Jadi beginilah nasib para cowok yang udah ngantuk berat tapi terpaksa nganterin para cewek ke museum.

"Terkutuklah wahai wanita-wanita yang ingin berfoto di museum!"

Oiya, ini dia fakta2 yang gw amati selama disini :

1. Warganya didominasi orang China. Menurut satpam kantor, warga China mendominasi sebanyak 60% dari total warga Pontianak. Pantesan, selama disini, mulai dari tukang buah di pasar, sampe tetangga2 gw, kebanyakan warga China yang kalo ngomong aja pake bahasa China. Kebetulan banget, gw disini pas imlek. Meriah banget disini, kayak lebaran gitu. Tetangga depan gw udah 3 hari 3 malem nonstop karokean lagu China. Tetangga yang lain nyalain petasan yang suaranya bikin gw merasa sedang dalam peperangan kemerdekaan.

2. Air susah. Nggak heran kalo bak mandi disini warna airnya kecoklatan, dan nggak jarang orang yang di kamar mandinya ada talang dari atap. Gunanya apa? Gunanya untuk menampung air hujan ke bak mandi, seperti di kosan gw.

3. Tanahnya gambut. Jadi kalo lo jalan, lo berasa kayak jalan di pasir2 pantai gitu. Banyak pasirnya, tapi nggak berdebu. Makanya disini susah ditanam apa2 karena tanahnya gambut. Konstruksi bangunan juga harus ati2 karena fondasinya tanahnya yang lemah.

4. Banyak hutan di jalanan. Beda jauh ama Jakarta, disini banyak banget lo temukan sejumput (ceileh sejumpuut) hutan di tengah kota. Pas lo naik angkot, tiba2 ada sekelebat hutan.

Hutan di tengah kota

5. Bahasa yang digunakan : Bahasa upin-ipin. Yap, disini hampir semua obrolan yang gw denger di angkot, di kantor, semuanya bernada melayu.

6. Suguhan khas : Pisgor Pontianak. Kalo ini sih cuma berdasarkan survey gw di kantor, hehe. Jadi setiap gw kunjungan di divisi2 di kantor, selalu aja dikasih pisgor pontianak yang masih panas abis digoreng. Enaak banget. Sekali disuguhin, gw bisa abis 3 biji. Padahal, setiap hari gw kunjungan ke 3 divisi. Waaw jadi gw bisa ngabisin 9 biji per hari !

7. Makanan yang banyak gw temuin : Rumah makan Padang. Gw sampe eneg makan Padaaang mulu. Makanan khas yang udah gw cobain disini adalah paru-paru kebo, pengkang (sejenis lemper berisi udang, makannya sambil dicocol ke sambel), pisgor pontianak, dan jeruk sambas. Yang belom gw makan adalah dodol durian pontianak, bubur pedas (yang katanya sama sekali tidak pedas), dan berbagai macam seafood hasil dari sungai. Ada rekomendasi lain?

Pengkang yang dibungkus daun dan dibakar

8. Cuacanya panaaas gila. Karena dilewati garis khatulistiwa, maka disini cuacanya benar-benar panas. Kalo siang terik banget. Padahal gw kesini pas musim hujan. Gimana kalo musim kemarau?

9. Angkutan umum jarang. Sejauh ini sih gw selalu mengandalkan oplet (kalo di jakarta / bandung namanya angkot). Itu pun cuma sampe jam 9 malem. Disini banyak banget pengendara motor. Traffic light jarang banget ditemui, karena pengguna jalan juga sedikit. FYI, jarak ke kosan gw ke kantor kira2 seperti dari kosan Qiyam ke BIP (mungkin yang ngerti cuma anak2 TI, huaha). Tapi karena disini nggak kenal macet, jadi perjalanan ditempuh hanya 15 menit sahaja. Yihaa!

Oke, mungkin itu dulu fakta yang gw temukan di kota Pontianak. Nantikan pengalaman2 gw lainnya di kota ini selama 3 minggu ke depan!

Jalan-jalan dulu yuk,

-deguitarra-

2 thoughts on “Welcome to Pontianak !

1. wah aniiin seru bgt ceritanya!!

1.awas jgn kebanyakan makan pisang nti brubah jd m*ny** haha

2.hmm bnyak cina yg berbahasa cina + gaya upin ipin

3.jarak spt dr kosan qiyam k BIP haha dasar jeng blg aja kmu gak tw brp km😛

2. 1. Sekarang aku dijulukin Ratu Pisang, jeng. Gara2 kesurupan makan pisang dan pernah nemu ‘pisang’ ngapung, hiii