Halo !!

Saat ini gw nulis post dalam keadaan muka item legam, dan badan rontok. Gw kemarin siang baru aja pulang dari acara samapta di SPN (Sekolah Kepolisian Negara) Lido, Bogor selama 2 minggu. Sebelum berangkat, gw berpikir bakal dibentak-bentak disana, pokoknya menyedihkan banget lah. Ternyata eh ternyata, seruuuu!! Walaupun seru, tapi kalo disuruh balik kesana sih gw ogeng lha yaw, tapi disana gw melakukan sesuatu yang sebelumnya nggak pernah terpikir kalo gw bakal melakukannya. Okee, ini dia cerita 2 minggu gw di Lido!

Sekolah Kepolisian Negara Lido
Sekolah Kepolisian Negara Lido
Cermin 'Kami Ingin Baik'
Cermin 'Kami Ingin Baik'

Hari ke-0  (Minggu – 16 Januari 2011)

Gw nyampe sekitar jam 10an. Disana masih santai, baru dibagi seragam tentara (namanya PDL) yang harus dipake setiap hari. Yang gw sebel adalah, pakaian tentaranya maha ribet! Sabuknya aja ada 2, jadi kalo pipis gw harus berjuang buka celana sambil nahan pipis. Belom lagi sepatunya yang tiap pake, berasa haknya setebel setrikaan. Belom lagi karet celana yang bikin kaki gw sering kesemutan. Di hari ke-0 ini, acara masih santai. Gw masih bisa bobo-bobo manis.

Kostum gw sehari-hari
Kostum gw sehari-hari

Hari ke-1 (Senin – 17 Januari 2011)

Hari ini masih santai, acaranya di kelas aja. Palingan cuma upacara sama pelantikan aja.

Hari ke-2 (Selasa – 18 Januari 2011)

HARI YANG CAPEK GILA !!!! Pagi ada kegiatan pengenalan lingkungan, which is kita disuruh jalan jauh pake kostum PDL (ingat! kostum PDL memiliki sepatu dengan hak setebal setrika!) ngiterin luar Lido kira2 3 km. Setelah jalan2 jauh dan panas2, ternyata siksa belum berakhir. Ada kelas jasmani dimana kita disuruh lari selama 12 menit, push up, sit up, dan siksaan lain. Belom lagi gw tersiksa ama radang gw yang belom sembuh.

Lintas Alam
Lintas Alam

Hari ke-3 (Rabu – 19 Januari 2011)

FULL DI KELAS!! Asiiiikkk 🙂 :).

Pelajarannya seru tentang IPS (Interpersonal Skill), tapi garing banget pengajarnya. Walaupun garing dan tanpa ekspresi, tapi kuis tebak kata yang doi mainkan tanpa sengaja benar2 bikin kami terhibur. Contohnya kayak gini.

Pagar (Pak Garing) : Jadi dalam presentasi, kita harus…

Anak-anak                 : berkomunikasi dengan baik, Pak

Pagar                           : Bukan, satu lagi.

Anak-anak                 : tau materinya pak

Pagar                           : Iya, tau materinya itu brarti materinya kita apakan?

Anak-anak                 : (bingung) hmm..dijelaskan pak

Pagar                           : Iya. Dijelaskan tu brarti kita gimana?

Anak-anak                 : Ngg.. Kita mengerti materinya dengan baik, pak.

Pagar                           : Iya. Mengerti tu brarti gimana?

Anak-anak                 : Menguasai materi pak!

Pagar                           : IYA! Menguasai materi.

Hening.

 

Selain tebak kata, bapak itu juga ngajarin lagu yang beliau nyanyikan tanpa ekspresi dan sempat stuck in my head selama beberapa hari. Heu.. Beginilah lagunya :

Apa katanya jari jempol? (Jempol digoyang. Muka tanpa ekspresi)

Apa katanya jari jempol? (Jempol masih digoyang kejang2, muka tetap datar)

Apaa kata jari jempol sayang, kalo belajar jangan ngobrol.

Hening.

Hari ke-4 (Kamis – 20 Januari 2011)

Pelajaran hari ini full PBB (Perkumpulan Babu-Babu Pelajaran Baris-Berbaris). Program penggosongan muka.

Hari ke-5 (Jumat – 21 Januari 2011)

Abis olahraga, pelajaran pelayanan prima. SERU BANGEET!! Mempelajari karakter orang gitu pokoknya.

Hari ke-6 (Sabtu – 22 Januari 2011)

HARI INI SERU BANGET!!

Pelajarannya Halang Rintang. Jadi ada 12 macem halangan yang harus dilewatin. Ada tembok setinggi 2 meter, ada kawat setinggi 50 cm sehingga kita harus ngerangkak bener2 di bawahnya biar nggak kena kawat, ada balok titian, jaring laba-laba setinggi 3 meter, dan lain-lain. pas nglewatin rintangan kawat 50 cm, pak polisi tiba2 ngeluarin ledakan sambil teriak “Hati-hati ada tembakan!!!!!”. Mendengar suara tembakan serta kostum gw yang udah cocok kalo mau perang, hati gw pun tergugah. Gw pun refleks teriak kenceng banget “AAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRGGGGGHHHHHH !!!!”. Sungguh memalukan.

Tapi yang paling menegangkan adalah manjat ke atas dengan ketinggian 12 meter tanpa pengaman apapun, dengan posisi tangga 90 derajat tanpa pegangan tangan (cuma pijakan kaki aja). Turunnya, kita pake tali yang dikaitkan sama pinggang dan cara nuruninnya adalah dengan melonggarkan pegangan tali di pinggang sedikit demi sedikit. Sereeeem tapi seruuuu!!

Hari ke-7 (Minggu – 23 Januari 2011)

HARI INI SERUUUUU!! Tapi tegang.

Naik flying fox sama Mounteneering. Biasanya, kalo gw naik flying fox di tempat lain, kita naik tangga ke tempat meluncur lalu menggunakan alat lengkap sambil meluncur. Tapi kalo di SPN Lido, semuanya terasa lebih menyeramkan.

Jadi, untuk menuju ke ketinggian 12 meter, lagi-lagi kita manjat dengan tangga yang hampir tegak lurus tanpa pegangan tangan. Saat meluncur pun peralatannya cuma tali temali. Tanpa pegangan, tanpa helm.

Setelah flying fox yang seru abiss (walaupun gw komat-kamit baca doa pas naik tangga), saatnya mounteneering. Mounteneering adalah (lagi-lagi) naik tangga 12 meter itu, terus turun perlahan dengan posisi tubuh membentuk 90 derajat dengan tembok, caranya adalah dengan mengulurkan tali sedikit demi sedikit dan posisi kaki adalah meloncat-loncat di dinding tersebut. Kebayang nggak?

Abis flying fox dan mounteneering, kami lintas alam sampe muke gosong. Mukeee!!!

Hari ke-8 (Senin – 24 Januari 2011)

Hari ini lintas alam lagi tapii plus jalan2!! Hari ini jalan2 ke Danau Lido terus disana makan ikan bakar rame2 bareng pengasuh. Abis itu, naik perahu keliling2 danau. Asiiiiknyaa!!

*hanya terjadi di pasukan koplak

Hari ke-9 (Selasa – 25 Januari 2011)

RENANG !!!

Kompetisi Badan L-Men 2011
Kompetisi Badan L-Men 2011

Tapi renangnya di 4 meter. JENG JENG!! Gw ngeri banget renang disitu, cuma tahan selama beberapa detik sahaja. Selebihnya gw renang di 2 meter.

Selain itu, diajarin cara nyelamatin orang di air. Dan gw baru tau kalo celana bisa dijadiin pelampung buat di air. Waaaaw!

Hari ke-10 (Rabu – 26 Januari 2011)

LINTAS ALAM!! Dan hari ini gw jadi danton (komandan pleton). Zzzzz..

Lintas alamnya seruu, soalnya ada nyebrang sungai segala, jalan2 di sawah, dan sebagainya.

Hari ke-11 (Kamis – 27 Januari 2011)

OUTWARD BOND!!

Ini dia puncak dari acara di Lido. Kita bakal jalan sejauh kurang lebih 10 km dengan medan berupa jalan aspal, lalu jalan setapak (tanah licin dengan kanan kiri jurang dan hutan, zzzzzz), dan jalannya curam (mendaki dengan sudut kemiringan tanah 80 derajat, WTF?) dan menurun juga 80 derajat sehingga pantat yang biasanya gw gunakan untuk kentut sekarang beralih fungsi jadi alat untuk berjalan.

Selain itu, kami juga berjalan dengan membawa beban lebih dari 5 kg. Bawaan pribadi digendong di tas ransel yang maha besar, dan kami memegang barang bawaan kelompok. Gw bawa jirigen isi air di tangan kiri dan botol minyak tanah di tangan kanan aja udah mau pengsan, gimana yang bawa bambu ya? Salut pokoknya deh buat temen-temen semua.. Kami berangkat jam 10 malem dan sampe di Lido lagi pukul 4.30 pagi dengan kondisi mau SDP (Senggol Dikit Pengsan).

Hari ke-12 (Jumat – 28 Januari 2011)

Bobo manissss !! Walaupun sebelumnya ada ceramah dari bapak2 instruktur outward bond, heu.

Hari ke-13 (Sabtu – 29 Januari 2011)

PULANG !!!!! Horeeeeeee, halo peradaban !!

Tapi sebelum pulang, gw dikejutkan dengan berita bahwa hari senin gw harus terbang ke Pontianak selama 25 hari.

What. The.

 

Duduk siap, gerak !

 

-deguitarra-

 

 

 

Advertisements