Pasar Seni ITB 2010

SAMPURASUN!

Itu adalah kata-kata yang dipasang gede di bagian awal iklan Pasar Seni ITB 2010. Sampe sekarang gw nggak tau artinya, tapi kayaknya sih ‘salam’ dalam bahasa Sunda ye?

Oke, di post ini gw mau cerita tentang acara yang diadain ama FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB tiap 4 tahun sekali. Wow! Diadain cuma 4 taun sekali, kebayang kan pasti ni acara bakalan gede-gedean. Dan dari berita yang gw baca di Seputar Indonesia (lewat Twitter), katanya Pasar Seni ITB 2010 adalah acara seni terbesar se Asia Tenggara. WOW bener nggak ya itu?

Namanya juga Pasar Seni, jadi yang ada di dalemnya adalah kumpulan karya seni mulai dari yang level bawah sampe atas. Selain banyak kesenian yang dipamerkan, ada banyak juga stand-stand yang jual pernak-pernik seni yang lucu2. Di Pasar Seni ITB 2010 ini ada 8 wahana, salah satunya adalah wahana padi. Ada wahana lain seperti Air doa (air yang berasal dari berbagai macam himpunan dan sudah didoain oleh banyak orang –> kalo nggak salah sih gitu), neraka jahanam, ada lorong waktu, dan lain-lain. Tapi yang bikin gw sebel, kok gw cuma nemu 2 wahana dari 8 wahana itu yaaaaa????!!!! (sebel).  Atau jangan2, dimana gw berdiri disitulah wahana neraka jahanam? Abisan panasnya nyengat banget sih.. (Tepuk tangan untuk pawangnya yang telah membawa 9 matahari ke Bandung).

Oh iya, yang unik lagi dari Pasar Seni ITB 2010 ini adalah konsepnya yang serba sepuluh. Diadakan pada 10.10.10 di Jl. Ganeca 10 Bandung, dan dilaksanakan selama 10 jam. Kalo gw sangat terpukau dengan konsep itu, tapi kalo kata temen gw : “Yaelah, itu mah tinggal semuanya aja dipas-pasin jadi sepuluh. Sekalian aja MC-nya ada sepuluh, sponsornya cuma 10, standnya cuma 10 (kere amat), dsb dsb dsb.” Huaha sahabar buu..

Wahana Sawah

Wahana Sawah

Nggak tau kenapa, Pasar Seni ITB kali ini ini bikin aura lebih buat gw (lebay), nggak kayak 4 tahun yang lalu. Ya mungkin karena dulu pas masuk ITB gw belom ngerti tentang pasar seni sih ye.  Tapi beneran lho, sekitar H-3 Pasar Seni, gw udah ngerasain hawa-hawa Pasar Seni (lebay pangkat 12). Dan pas hari H, gw teler gara2 kepanasan dan bejubel ama lautan orang. Yang gw liat disana adalah orang, orang, matahari, orang, dan matahari. Dan keesokannya pun setelah gw liat-liat foto di facebook temen2 gw, ternyata banyak karya seni yang gw lewatkan buat difoto. Huaaaaaaaaaaaaa!!!!!

Gw dan Tumpeng Raksasa

Gw dan Tumpeng Raksasa

Sebuah foto loncat yang berseni.. alias benar-benar gagal

Sebuah foto loncat yang berseni.. alias benar-benar gagal

Gw bersama pria berkoteka

Gw bersama pria berkoteka

Wow ada air terjun di ITB! *tapi bohong*

Wow ada air terjun di ITB! *tapi bohong*

Stand yang menarik perhatian

Stand yang menarik perhatian

Lukisan Jalanan

Lukisan Jalanan

Patung Ayat-ayat Alam

Patung Ayat-ayat Alam

Katanya, ni patung awalnya ada di Bekasi. Tapi dilarang karena terlalu seksi. Kenapa jadi dipindah kesini?

Katanya, ni patung awalnya ada di Bekasi. Tapi dilarang karena terlalu seksi. Kenapa jadi dipindah kesini?

Berpose di depan Kapal Nabi Nuh (sebutan dari gw sendiri), bersama 2 additional player

Berpose di depan Kapal Nabi Nuh (sebutan dari gw sendiri), bersama 2 additional player

Waaa seruuu, banyak objek bagus buat foto!! Huahahaha

Sepulangnya dari Pasar Seni, gw cuma dapet gelang warna ungu yang harganya gocengan dan berpuluh-puluh hasil jepretan, cihuuuy!

Btw, banyak orang yang rela mengorbankan kegiatannya demi dateng ke Pasar Seni. Seperti gw yang menunda operasi gigi jadi hari Senin (soalnya hari Minggu mau nonton Pasar Seni), horeee. Ada juga temennya temen gw yang menunda kelulusannya demi jadi panitia Pasar Seni ITB 2010 (ckckckck gendeng kalo ini sih). Ada juga yang ngebela-belain nggak dateng ke JRL (Java Rockin’ Land) 2010 di hari Sabtu gara-gara Minggu ada Pasar Seni — padahal dia udah beli tiket seharga Rp 150.000,-.

Oke deh, can’t wait for the next Pasar Seni ITB on 2014!

Could the next Pasar Seni be this crowded?

Could the next Pasar Seni be this crowded?

Sampurasun!

 

-deguitarra-

4 thoughts on “Pasar Seni ITB 2010

  1. Uwaaaah rame banget dah pasar seni tahun ini.😀
    Apalagi pas siang2, pas puncaknya, wah buat jalan aja susaaaaah banget.😦
    Harusnya dibuat satu arah aja ya, jadi gak ada jalan yang dua arah supaya arus pengunjung gak terlalu padat…🙂

  2. Lucky : Iya setuju! Gw mau masuk ke stand susah amat.. Jadilah gw foto-foto doang tanpa beli2 barang huhuu *alesan

    Asop : Iya sop, pas siang2 udah panas, banyak orang lagi. Hadeeehh.. Masa temen gw ada yg dari DU ke Dago aja bisa sampe 1.5 jam haha..

    Ina : Huahahahhaha! Kan photo session gw jam 9 Na, belom rame tuh! (Udah niat mau foto jadi harus datang pagi). Huaaa thx ya awardnya, ntar gw coba juga aah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s