Kisah perjalanan mencari Pak Dahlan

Sebelom membaca post gw yang ini, perlu gw garis bawahi kalo gw adalah orang yang sangat tolol dalam menghapal jalan. Bahkan di tingkat 3 pun, gw masih suka nyasar di daerah labtek 5 kalo lagi nyari kelas. Dan biasanya gw tanya orang dimana ruangan kelas gw dan berpura-pura masih TPB biar nggak malu.

Hmm.. Sekarang gw mau cerita tentang perjuangan gw mencari seseorang bernama Pak Dahlan.

Jadi begini ceritanya.

Saat ini, gw lagi pusing cari penjahit kebaya buat wisuda nanti. Setelah tanya beberapa orang, akhirnya gw dapet info dari temen gw, Astury, yang ngerti banget ama dunia fashion. Walhasil, gw percaya ama dia tentang penjahit kebaya  bagus & berpengalaman yang dia kasihtau.

Astury : Ini nin nomer HPnya Pak Dahlan, tempatnya di daerah Kosambi. Lo hubungin dia aja ya..

*Gw pun mengirim sms, tanya alamat Pak Dahlan*

Pak Dahlan : Jalan Samoja Dalam 150b. Patokannya jalan samoja pasar beras sebelum Aspol Samoja. Gerbang RW 09. Tanya aja disitu sama tukang becak yang mangkal. Dari Dago naik kebun kalapa berhenti di Naripan rumah sakit Bungsu naik angkot kuning ke kosambi. Naik becak ke jalan samoja.

Gw : (alis ngangkat sebelah)

————————————————————————————————————————————————–

Akhirnya pada Selasa sore, gw bertekad cari rumah Pak Dahlan yang letaknya jauh dari daerah kekuasaan gw. Kebetulaaan banget Adis pengen ikutan, jadi gw nggak terlalu tegang juga nyarinya (thanks ya jeeeeng!). Alhamdulillah juga sore itu nggak hujan. Gw pun dengan semangat berangkat bareng Adis dari kampus. Karena perjalanan yang pasti jauh, gw ngajak Adis buat beli jajanan2 untuk perbekalan di jalan nanti.

Akhirnya dengan membawa bekal 1 botol Nu Green Tea dan 4 batang Choki-choki (perbekalan yang menyedihkan), gw dan Adis pun berangkat. Wah, gw jadi ngerasa kayak finalis2 ANTM pas ikut tantangan portofolio ke toko2 fashion dan designer2 nih.. (tetap bersemangat ANTM).

1. Angkot Kalapa – Dago

Rute pertama yang gw naiki adalah angkot Kalapa-Dago. Di sini, gw harus berhenti di Rumah sakit bungsu di Jalan Naripan. Setelah gw bilang ke angkot : “Mang, Rumah Sakit Bungsu ya!”, gw dan Adis pun naik angkot itu.

Gw pun asyik ngobrol dengan Adis dan sibuk gosip.

Beberapa menit kemudian …

Gw : Mang, rumah sakit Bungsu masih jauh ya?

Mamang : Astaghfirullah Neng, udah kelewat!!!

Gw dan Adis terdiam.

Penumpang Angkot Lain yang Wajahnya Bapak Arab tapi ternyata Sunda Banget (PALYWBATSB) : Yaudah atuh Neng, naik angkot ini terus aja, nanti ikutan balik lagi.

Hmm. Terpaksa gw ngikutin saran si PALYWBATSB untuk ikut si mamang angkot sampe mentok kalapa, dan balik lagi ke arah Dago, mengingat jalan yang dilewatin angkot ini searah.

Akhirnya, gw pun turun di jalan Naripan dengan selamat. Oke, mari kita ke angkot selanjutnya.

2. Angkot Panghegar – Dipati Ukur

Sebenernya, menurut info Pak Dahlan, gw harusnya naik angkot kuning. Tapi karena gw berhenti di tempat yang salah, jadi gw naik angkot Panghegar-Dipatiukur. Di tengah jalan sebelum gw naik angkot ini, beruntunglah gw & Adis ketemu Ibu muda yang baik hati yang mungkin salah satu anggota kelompok “Pemberantas Anak Ilang”. Dia menghampiri gw & Adis.

Ibu Muda Pemberantas Anak Ilang (IMPAI) : Dek, mau kemana?

Gw : Mau ke Kosambi bu. Naik apa ya dari sini?

IMPAI : Oh, sini atuh Ibu anterin. Ibu juga nanti lewat sana.

Selingan : Yang gw salut sama orang2 Bandung adalah ringan tangan dalam membantu orang kesasar. Gw (yang punya hobi kesasar di Bandung) kebantuu banget ama orang-orang baik kayak gini. Gw sering dikasihtau ama stranger naik angkot ke tempat tujuan dengan selamat, bahkan pernah juga dia bela-belain naik angkot gw yang beda arah ama dia. Tapi jangan lupa, pilih2 ya ama stranger yang mau nolongin. Kalo ada stranger yang mau bantuin dengan pakaian belel, jaket item, naik motor, dan wajah sangar, jangan diikutin. Ntar lo malah jadi anggota geng motor lagi. (Menurut lo?)

Oke lanjut.

Di angkot, kami pun ngobrol-ngobrol ama si IMPAI.

IMPAI : Bukan orang Bandung ya?

Gw : Iya bu, saya dari Surabaya.

IMPAI : Oh pantes, ini kalian baru aja nyampe dari Surabaya?

Gw : Enggak bu, saya kuliah disini. Hehe

IMPAI : Oh, pasti anak baru di Bandung ya? Kuliah dimana?

Gw : (Seperti biasa karena malu ketauan nyasar, gw pun nggak ngaku kalo udah lulus). Iiya bu, saya kuliah di ITB, baru masuk di TI.. Hihii

IMPAI : Kalau pas masih TPB mah susah da’, pelajarannya kalkulus, gitu kan ya?

Gw : Iya, hehehe. Masih ada kalkulus, fisika, kimia, gitu bu. Hehehe (Dalem hati : Wah Ibu ini gaul juga rupanya)

IMPAI : Waaa.. Berarti kenal Siti dong?

Gw : (Ngelirik Adis dengan gundah) Ngg.. Siti yang mana ya Bu?

IMPAI : Ituu.. Siti yang kecil dari SMA 11. Itu anaknya temen saya.

Gw : Hehee belum kenalan kali ya bu, habis muridnya banyak. Kan saya masuknya FTI dulu, ini baru dijurusin ke TI, jadi belum kenalan mungkin yaa, hehehe. (Dalam hati : GEBLEK, KENAPA GW NGGAK JAWAB KALO GW TAU SITI AJA SIH? JADI RUMIT NIH).

Adis : (Gagap) Ngg..nggak tau juga saya, hehe

IMPAI : Iya, si Siti juga gitu, pas banget masuk TI sekarang. Anaknya yang badannya kecil. Sekelas 90 orang kan?? Haduuh masa nggak tau Siti, ituu yang kecil orangnya. (Tetap bersemangat)

Adis : (Melirik ke gw – mulut datar – agak nahan ketawa – seakan akan ngomong ke gw : MAMPUS LO!)

Gw : (Mencoba mengalihkan topik) Iya bu, saya ke Kosambi mau cari penjahit. (Jawaban nggak nyambung)

Beberapa detik kemudian..

IMPAI : Kiri mang!! Tuh kalian turun sini yah, trus ntar jalan lurus aja kesana. Bayarnya seribu aja, kalo becak 2500 aja.

Gw : Makasih banyak ya, buu..

*Ketika bayar angkot*

IMPAI : (Sambil teriak) EH IYA, KAMU NAMANYA SIAPA? NTAR SAYA BILANG KE SITI !

Adis : ANIN, BUUU !!

Pesan : Kepada Siti, selamat mencari Anin di kelas ya!


3. Jalan kaki ke rumah Pak Dahlan

Menurut nasihat Pak Dahlan sih naik becak. Tapi setelah tanya orang, ternyata jalan Samoja tuh deket. Walhasil, gw dan Adis pun jalan nyari gapura warga 09 dan rumah Pak Dahlan.

Sesampai di rumah Pak Dahlan, ternyata Pak Dahlan adalah Bapak yang terlihat alim dan baik sekali. Dia dengan sabar ngukur badan gw sambil mendengarkan celotehan gw tentang perjalanan ke rumahnya yang nyasar.

Gw : Nanti kalo saya pulang naik apa ya Pak?

Pak Dahlan Alim dan Baik Sekali (PD ABIS) : Jadi kamu jalan keluar dari gapura, belok kiri ke prapatan namanya prapatan Malabar, nyebrang terus naik angkot ijo yang St.Hall – Gedebage, berhenti di Parapatan Lima. Terus naik angkot Kalapa Dago yang ke arah Dago.

Gw : (Lagi lagi ngangkat alis sebelah)

————————————————————————————————————————————————–

Perjalanan pulang cukup lancar. Sesampai di Parapatan 5, gw dengan bangga dan norak bilang ke Adis “Iya dis, tuh kan ada 5 belokan! 1, 2, 3, 4, 5! Makanya namanya Parapatan 5!!!”.

Jangan-jangan dalam hati Adis : “Sabar buuu.”

————————————————————————————————————————————————-

Oke, begitulah pengalaman gw mencari Pak Dahlan. Moga2 ntar pas ambil kebaya, gw nggak nyasar lagi. Amiiin..

Salam nyasar,

-deguitarra-

10 thoughts on “Kisah perjalanan mencari Pak Dahlan

  1. niiiiiiin, gw link yaa blog lo. hahaha. lucuu bgt siii nin lo. bener kata inaa. kocak abis nin. lo berbakat nin jadi kayak uwie gitu. hahahahaha🙂🙂🙂🙂

  2. @Cheap Silver Jewelry : Thankyou.. –> jawaban gw nyambung nggak ya? huaha

    @Iraa : Ya ampuuuuun, kalo dibanding uwie mah masih jauh di bawah lah raaaaa..Hohoo. Makasih yaaa🙂🙂

    @Nad : Waaa thanx ya Nad udah baca + komen2. Hihihi🙂🙂

  3. Pingback: 2010 in review from Wordpress. Yippiiiieeee :D « it's not about a destination. It's a journey.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s